SIANTAR, hetanews.com - KPUD Siantar adakan Zoom Meeting membahas Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pada Daerah Dengan Pemilih Rendah, Sabtu (28/8/2021) mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai.

Jafar Saragih selaku Moderator mengatakan ada dua dari delapan kecamatan di Kota Siantar yang paling rendah partisipasinya dalam pemilihan.

"Di Kota Pematangsiantar itu ada dua kecamatan yang paling rendah partisipasinya dalam pemilihan yakni Kecamatan Siantar Barat dan Kecamatan Siantar Utara," ungkap Jafar dalam Zoom Meeting.

Junitalila Sinaga (Komisioner Bawaslu) yang juga turut hadir dalam zoom meeting tersebut sebagai narasumber menjelaskan kurang tertariknya masyarakat untuk memberikan hak suaranya dikarenakan berbagai hal yang mendominasi.

"Masih banyak masyarakat yang kurang tau siapa saja paslon dan apa yang menjadi visi misi dari paslon itu sendiri. Program dari paslon juga dinilai kurang menyentuh untuk masyarakat. Akhirnya masyarakat tidak tertarik untuk memilih," jelas Junita.

Komisioner Bawaslu itu berharap kedepannya semua perlu meningkatkan program-program baik dari sisi penyelenggara, peserta pemilu, dan juga masyarakat.

Dikesempatan yang sama, Daniel Sibarani selaku Ketua KPUD Kota Siantar akan melakukan 2 alternatif mengingat ada dua tipe calon yaitu pemilih muda (17-40 tahun) dan pemilih tua (41-70 tahun).

"Untuk pemilih muda kita akan sosialisasikan lewat media sosial kita nantinya dan pemilih di umur 41 tahun ke atas akan kita lakukan sosialisasi tatap muka. Namun memang selama pandemi ini kita menghadapi kesulitan untuk bertatap muka jadi sepertinya akan lebih banyak pemilih dari kaula muda," papar Daniel.