TOBA, HETANEWS.com - Ide Cemerlang, Desa Pardomuan Ajibata sebagai Desa Wisata mulai digagas dan dikembangkan sebagai lokasi dan destinasi wisata alam terbaru di kawasan Danau Toba, tepatnya di Dusun Sijambur Desa Ajibata Kecamatan Ajibata.

Hal ini disampaikan Tambatua Sirait Kades Pardomuan Ajibata saat memulai pembangunan pemasangan bronjong penyanggah sungai Naborsahan di Juma Bulu Ds 1 Sijambur Desa Pardomuan Ajibata, Rabu (25/08/2021).

Tambatua Sirait mengatakan, bahwa pembangunan ini merupakan terobosan awal dalam mendukung pengembangan Destinasi wisata super prioritas Danau Toba di lokasi Desa Wisata di atas lahan yang dihibahkan warga kepada pemerintah Desa seluas 800 m2 di Dusun 1 Sijambur.

"Pembiayaan program ini merupakan bantuan dari kementrian Desa untuk Desa Wisata, melalui perjuangan panjang dan kerjasama Dinas PMD Kabupaten Toba, hingga terselenggara penataan lokasi ini dan rencana akan dibangun gazebo dan jalan setapak desa wisata."ujar Kades Sirait.

Pihak pemerintah Desa juga tetap berkomitmen dan berjuang untuk menyukseskan Desa Pardomuan Ajibata sebagai salah satu Desa Wisata terkenal di destinasi wisata super prioritas Danau Toba.

"Kami dari pemerintah Desa mengajak warga dan tokoh masyarakat, adat dan agama untuk saling bahu membahu dan mendukung program pembangunan Desa Wisata ini, dengan melestarikan tanpa melakukan pengrusakan lingkungan, agar menjadi destinasi wisata alam baru yang layak dikunjungi, " ungkap Sirait.

Sirait juga menjelaskan dilokasi Juma Bulu Dusun 1 Sijambur ini di program tahap awalnya akan dipoles dan dibangun wisata alam river tubing/Arung jeram, lokasi kuliner, tracking, camping pinggiran sungai, sedangkan tahap selanjutnya di Dusun 2 Lumban Sirait akan di bangun lokasi wisata Budaya salah satunya pelestarian Pancur Sipitu.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Toba melalui Kasi infrastruktur Parulian Aritonang mengapresiasi dan mendukung penuh terobosan Kepala Desa Pardomuan Ajibata untuk menata Desa Pardomuan Ajibata sebagai Desa Wisata.

"Setelah ditetapkannya Desa Pardomuan Ajibata sebagai Desa Wisata, dimana Desa ini memiliki potensi dan keunikan tersendiri baik dari sungai dan persawahan tanpa pemandangan Danau Toba, maka pihak Dinas Pariwisata Toba mendukung penuh apapun kegiatan pembangunan kepariwisataan di Desa ini, terlebih telah memiliki lahan yang clean and clear yang bisa dibangun," Ujar Aritonang.

Dia juga mengatakan dengan adanya lahan yang sudah clear and clean maka pihak pemerintah bisa berkreasi mengembangkan lokasi itu seperti trek wisata dengan pembangunan lain yang saling terkait didalamnya sesuai permintaan pasar wisata.

Manik Salah seorang Warga juga sebagai ketua BPD Desa Pardomuan  Ajibata sangat mendukung dan mengapresiasi terobosan Kepala Desa dan bangga terhadap kinerja yang di gagas.

"Sebagai warga kami mendukung program Kades dan berharap cepat terealisasi menjadi salah satu Desa wisata Primadona di Kawasan  Danau Toba," imbuhnya.

Sebelumnya Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa ) Kab Toba, Hutabarat, mengatakan ini merupakan program kementrian Desa untuk Desa Wisata yang harus di dukung bersama oleh warga dan pihak terkait.

"Melalui perjuangan panjang dari 231 Desa seluruh Indonesia, maka Kabupaten Toba hanya 4 Desa berhasil lolos mendapatkan bantuan dari Kemendesa dan salah satunya Desa Pardomuan Ajibata, sehingga Ini merupakan tugas dan tanggung jawab bersama semua stakeholder," Urai Hutabarat.

Baca juga: Satu dari Tiga Pelaku Pencurian Ditangkap Polisi