Jakarta, hetanews.com - Pemerintah mengalokasikan vaksin Corona dosis ketiga khusus untuk tenaga kesehatan. Sayangnya sampai hari ini cakupan booster untuk nakes masih di bawah 50 persen.

"Sampai hari ini sudah kurang lebih 34 persen SDM kesehatan atau hampir 450 ribu yang sudah disuntikkan (booster)," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin di rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Rabu (25/8/2021).

Berdasarkan data dari Kemenkes, Bali menempati posisi pertama jumlah nakes terbanyak mendapat dosis vaksin COVID-19 ketiga yakni 61 persen, menyusul Kepulauan Riau 52 persen dan Kalimantan Tengah 49 persen. Cakupan vaksinasi ketiga nakes di DKI juga masih terbilang rendah yakni di posisi 6 dengan 45 persen.

Menkes mengatakan sudah ada penerimaan yang baik dari tenaga kesehatan mengenai vaksin dosis ketiga ini. Sebelumnya dilaporkan beberapa nakes cenderung takut disuntik vaksin dosis ketiga terutama jika memakai platform yang berbeda.

Adapun vaksin Corona yang digunakan untuk dosis ketiga bagi nakes adalah Moderna. Namun Menkes mengatakan nakes yang tidak nyaman dengan platform berbeda bisa mendapatkan dosis ketiga vaksin yang sama atau Sinovac.

"Bagi para nakes yang tidak nyaman dengan platform yang berbeda kami membuka opsi booster dengan platform yang sama (Sinovac)," pungkas Menkes.

sumber: detik.com