SIANTAR, Hetanews.com - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar Teuku Munandar kunjungi kantor Hetanews.com di jalan Narumonda, Selasa (24/8). 

Kunjungan tersebut merupakan silaturrahmi dengan media di Siantar untuk menjalin kemitraan antara Bank Indonesia dengan rekan rekan jurnalis. Sehubungan dengan perkenalan beliau yang baru saja menjabat Kepala Perwakilan Bank Indonesia yang baru saja dilantik pada 28 Juli 2021 lalu.

Media atau wartawan sebagai mitra dalam melakukan sosialisasi segala program Bank Indonesia diharapkan mampu memberikan informasi terkait ekonomi dan juga kegiatan Bank Indonesia yang meliputi berbagai bidang.

Karena Bank Indonesia itu bukan hanya mencetak uang, tetapi menjaga kestabilan nilai rupiah, melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran.

Menjaga kestabilan nilai rupiah, bersama TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) melakukan pemantauan harga pasar dan ketersediaan pasokan dari berbagai bidang termasuk kelancaran transportasi. 

Media sebagai penyampai informasi kepada masyarakat khususnya dalam situasi pandemi diharapkan mampu memberikan informasi positif dengan menyajikan berita yang mengedukasi masyarakat agar bisa belanja bijak. Artinya jangan melakukan aksi borong, karena ketakutan di masa PPKM sehingga berbelanja berlebihan, jelas Munandar. 

Masyarakat harus bijak dan bisa mengerem/membatasi pengeluaran. Dengan berbelanja seperlunya sesuai kebutuhan.

Munandar juga mengakui jika yang paling berdampak pada situasi pandemi dan PPKM saat ini adalah pelaku UMKM. Karena sepinya konsumen, hasil produknya tidak laku terjual.

Untuk itu, Munandar menyarankan agar pelaku UMKM beralih kepada e-commerce atau penjualan secara online melalui medsos. Agar perekonomian dan kehidupan tetap berlangsung dengan harapan pandemi cepat berlalu.

Munandar mengharapkan melalui media baik cetak, online dan juga televisi mampu menyajikan berita terkait dampak masyarakat selama pandemi. Sehingga penyerapan anggaran pemerintah dapat membantu perekonomian masyarakat yang benar benar membutuhkan.

Kehadiran Kepala Bank Indonesia Pematangsiantar tersebut disambut positif oleh pimpinan redaksi Hetanews.com Tommy Simanjuntak. Sebagai mitra, hetanews siap menyajikan berita positif terkait kegiatan dan program Bank Indonesia yang dapat memajukan perekonomian khususnya di Kota Pematangsiantar.

"Kami siap menyampaikan informasi dari Bank Indonesia terkait perekonomian di Siantar untuk kemajuan kota Pematangsiantar," kata Tommy. 

Dalam menjalin hubungan kemitraan dan juga silaturahmi tersebut, Teuku Munandar memberikan cenderamata berupa uncut pecahan yang telah dibingkai guna mengingatkan kita untuk "cinta rupiah dan Bangga Buatan Indonesia,".