JAKARTA, HETANEWS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Timur (Jatim) kemarin memberikan sejumlah arahan kepada seluruh forkopimda. Dia menitipkan tiga hal untuk dilaksanakan dalam penanganan Covid-19.

“Yang pertama, pindahkan yang isoman ke isoter (isolasi terpusat). Semua kabupaten/kota pindahkan semua yang isoman masuk ke isoter,” katanya dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (20/8/2021).

Kemudian yang kedua adalah agar vaksinasi dipercepat. Menurutnya kecepatan vaksinasi menjadi kunci dalam penanganan covid-19. Lalu yang ketiga adalah berkaitan dengan ketersediaan obat. Dia mengaku masih mendengar terjadi keterlambatan dalam pemenuhan obat untuk penderita covid-19 di daerah.

“Yang ketiga, yang berkaitan dengan obat jangan sampai terlambat. Sudah masuk ke isolasi terpusat obatnya segera berikan. Karena saya masih banyak mendengar dari bawah ini yang sering terlambat. Tiga ini,” tuturnya.

Dia yakin bahwa dengan bahwa ketiga hal itu jika dikerjakan secara bersama maka akan membuat kasus covid semakin turun. Dia pun mengapresiasi kerjasama pusat dan daerah selama ini. Termasuk juga kerjasama antara pemda dengan polda dan kodam.

“Tolong pak bupati, pak walikota, sumber daya yang ada di TNI dan Polri ini betul-betul digerakan baik dalam rangka tracing, vaksinasi, agar semuanya bisa kita maksimalkan dalam rangka mengurangi menghilangkan penyebaran covid-19 ini,” katanya. 

Sumber: inews.id