TOBA,HETANEWS.com - Bukit Senyum merupakan salah satu objek wisata yang menarik di di Kabupaten Toba. Letaknya di Desa Motung, Kecamatan Ajibata dengan spot mengarah ke Danau Toba.  

View dari Bukit Senyum menyapu pandangan mulai air danau hingga perbukitan yang membentang luas. Oleh warga sekitar bukit ini dikenal dengan ‘Siranggiting’. 

Konon katanya, pengunjung mendapat ketenangan serta kebahagiaan dari suasana alam yang dimiliki bukit ini. Indah dan menarik.

Belakangan dinamai Bukit Senyum oleh pengunjung yang semakin akrab dengan keindahan tempat itu. Apalagi saat menjelang matahari terbenam.

Lokasi ke Bukit senyum sekitar 6,9 KM dari wilayah Parapat atau sekitar 15-30 menit jika menaiki kendaraan dan sekitar 1-2 Jam berjalan kaki.

“Tarif masuk kesana berkisar Rp 5.000, [disana] ada tempat untuk bersantai.” ujar Suviani, salah seorang warga setempat, dihubungi senin (16/08/2021)

Ia mengatakan, Bukit Senyum terbilang cukup asri dan sejuk. Namun terkadang ada saja sampah yang bertebaran jika pengunjung meninggalkan tempat. 

“Itu [sampah] akan ditangani oleh pihak setempat untuk dibersihkan,” katanya menambahkan.

Masih kata Suviani, sebelum merebaknya pandemi covid 19 pengunjung hilir mudik ke Bukit Senyum. Kini gambaran keramain itu pun pudar. 

Kondisi pandemi covid 19 membuat sektor pariwisata di Kabupaten Toba terpukul. Termasuk Bukit Senyum. Kendati begitu, warga sekitar kadang menyempatkan waktu menatap keindahan alam dari Bukit Senyum. 

Reporter: Chelsea Ipo Sirait