HETANEWS.com - Kondisi pandemi corona tak mengurangi tekad Ardelia Muthia Zahwa, siswi SMA Harapan 1 Medan, untuk menjadi paskibraka. Dari latihan secara daring, Ardelia akhirnya menjadi wakil Sumut untuk menjadi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Nasional tahun 2021 di Istana.

Kepala SMA Harapan 1 Medan, Anwar, merasa bangga atas prestasi yang diraih Ardelia. Setelah 20 tahun absen, akhirnya ada siswa dari sekolahnya yang mewakili Sumut ke Jakarta. Ia mengatakan Ardelia menjalani pelatihan secara daring sebelum terpilih. Perkembangan Ardelia dipantau melalui video.

"Latihan mandirinya di rumah masing-masing, tapi dipandu dari pembina Paskhas. Kita tak ketemu, tapi daring dan dipantau. Mereka (anak didik) kirimkan video latihannya, nanti ada pelatihnya yang mantau," ujar Anwar kepada kumparan, Senin (16/8).

Ardelia, siswi Harapan 1 Medan, mewakili Sumut menjadi pasukan pengibar bendera di Istana Negara. Foto: Dok. Istimewa

Ia menambahkan seleksi Paskibraka Istana dimulai dari tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi pada Juni 2021. Dari proses itu, Ardelia dinyatakan lulus mewakili Sumut.

"Kami warga SMA Harapan merasa bangga dengan terpilihnya si Ardelia ini, karena sudah lebih kurang 20 tahun belum pernah lagi ke Jakarta. Jadi kami terakhir itu 2001 yang ke Jakarta, setelah itu hanya untuk (perwakilan) daerah saja," ujar Anwar.

Anwar berharap kondisi Ardelia sehat hingga bisa bisa menjalankan tugas secara baik pada Selasa (17/8).

"Kami merasa bangga dan memberikan applause kepada Ardelia dan menginginkan Ardelia bisa menjaga kesehatan supaya pelaksanaan besok berjalan lancar," pungkasnya.

Sumber: kumparan.com