JAKARTA, HETANEWS.com - Peluh bercucuran dari para atlet yang berjuang di Olimpiade 2020 akhirnya terbayarkan dengan apresiasi dari pemerintah. Para atlet dan pelatih yang berlaga di ajang olahraga terbesar sedunia itu diganjar bonus berupa uang tunai.

Tak hanya itu, bonus untuk Olimpiade 2020 bahkan mengalami peningkatan dari edisi 2016. Hal itu diketahui melalui Presiden RI, Joko Widodo, saat menerima kontingen 'Merah Putih' di Istana Kepresidenan, Bogor, Jumat (13/8).

Secara total, Indonesia menggondol lima medali selama gelaran Olimpiade 2020. Satu medali emas datang dari Greysia Polii/Apriyani Rahayu di ganda putri bulu tangkis.

Satu medali perak datang dari Eko Yuli Irawan di angkat besi 61 kg putra. Medali perunggu datang dari Anthony Sinisuka ginting di tunggal putra bulu tangkis.

Sementara, dua medali perunggu lainnya datang dari angkat besi atas nama Rahmat Erwin Abdullah di nomor 73 kg putra dan Windy Cantika Aisah di nomor 41 kg putri.

Jokowi berterima kasih atas perjuangan seluruh atlet dan ofisial yang telah mengharumkan nama bangsa di Olimpiade 2020. Tak hanya itu, Jokowi pun mengganjar jerih payah para atlet dengan bonus berupa uang tunai.

"Dan atas prestasi yang saudara-saudara raih, pemerintah memberikan penghargaan berupa bonus. Tapi mungkin angkanya tidak perlu saya sebut, atau saya sebut? Karena situasinya pandemi," kata Jokowi.

"Tapi enggak apa-apa, ya, saya sebut. Jadi, untuk peraih medali emas Rp 5,5 miliar, kemudian peraih medali perak Rp 2,5 miliar, dan peraih medali perunggu Rp 1,5 miliar," jelasnya.

Hal tersebut menandakan, bonus yang diterima para atlet mengalami peningkatan dari Olimpiade 2016 lalu. Bonus tiap keping medali masing-masing naik Rp 500 juta.

Kendati demikian, bukan hanya atlet peraih medali yang mendapatkan bonus. Pelatih dan atlet yang tak menyabet medali juga mendapat apresiasi.

"Bonus juga diberikan kepada para pelatih kemudian juga para atlet non-medali juga diberikan. Ya, cukup gede, tapi enggak usah saya sebutkan," tutur Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengucapkan rasa syukur karena para kontingen Indonesia telah kembali pulang dalam keadaan sehat. Ia juga menunjukkan kebanggaannya bagi para pahlawan di dunia olahraga.

"Alhamdulillah, kita patut bersyukur saudara-saudara telah tiba kembali di tanah air dalam keadaan sehat dan selamat. Saya beserta seluruh rakyat sangat bangga atas perjuangan, kerja keras yang telah saudara-saudara lakukan di Tokyo dan sangat mengapresiasi hasil medali yang telah diraih," tandasnya.

sumber: kumparan.com