TOKYO, HETANEWS.com - Hansle Parchment, atlet Jamaika yang meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 cabor lari gawang 110 meter putra, nyaris telat bertanding dan selamat berkat dibayari taksi oleh wanita tak dikenal.

Parchment lalu melacak siapa wanita itu dan setelah ketemu memberinya hadiah. Melansir Sky News pada Kamis (12/8/2021), cerita bermula saat Parchment akan bertanding di semifinal tetapi salah naik bus.

Ia justru menuju arena yang tampaknya menggelar pertandingan dayung. Dalam video Instagram, dia menjelaskan bagaimana tersesat dan hanya tersisa sedikit harapan untuk sampai ke stadion tepat waktu.

"Aku melihat relawan ini dan aku memohon - karena tentu saja dia tidak diizinkan berbuat banyak - dan dia benar-benar memberiku sejumlah uang untuk naik salah satu taksi."

"Dan itulah bagaimana aku bisa sampai ke trek pemanasan di stadion, dengan waktu yang cukup untuk pemanasan dan bersaing - dan itu luar biasa."

Parchment lalu mencari wanita itu dan menemukannya pada akhir pekan, untuk menunjukkan padanya medali yang mungkin tidak akan dia menangkan jika tidak dibantu. Relawan itu bernama Trijana, dan Parchment berkata dia ingin membalas budi sekaligus memperlihatkan sesuatu.

"Kamu berperan penting membuatku mencapai final hari itu," kata pelari berusia 31 tahun tersebut sambil mengeluarkan medali emasnya dan menyerahkannya pada Trijana.

"Sungguh, kamu dapat ini?!"

Trijana menjawab. Parchment juga memberinya kaus Jamaika dan sejumlah uang tunai untuk ongkos taksi. Mendengar kisah ini, situs berita Jamaika The Gleaner melaporkan, Menteri Pariwisata negara itu menawari Trijana tiket gratis ke Jamaika.

Sumber: kompas.com