HETANEWS.com - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meresmikan Asrama Haji Medan menjadi tempat isolasi mandiri (isoman), Selasa (10/8). Tempat itu berkapasitas 400 orang. Mantan Pangkostrad ini juga menjelaskan Asrama Haji diperuntukan bagi orang terpapar corona dalam kondisi ringan.

"Dari penyembuhan rumah sakit yang sudah bisa digeser, gunanya sehingga tidak berlama lama di rumah sakit, untuk menghemat BOR tempat tidur, ICU, sehingga (kamar di rumah sakit), bisa digunakan saudara kita yang membutuhkan berikutnya,” ujar Edy.

Tempat ini juga disediakan khusus bagi pasien orang tanpa gejala (OTG).

"Yang terpapar tanpa gejala, dengan kondisi ringan. Tolong di sosialisasikan silakan datang ke tempat ini, akan kita rawat,” ujar Edy.

Edy saat meninjau Asrama Haji Medan yang dijadikan tempat isolasi mandiri corona. Foto: Dok. Istimewa

Asrama Haji ini juga akan dijadikan lokasi testing bagi warga yang kontak erat dengan pasien COVID-19. Sebelum hasil PCR keluar mereka diminta menginap di Asrama Haji. Bila hasilnya positif maka akan disesuaikan dengan gejala pasien positif.

"Kondisinya dipelajari di diagnosa kalau posisi (gejala) ringan di tempatkan di sini, kalau sedang atau berat akan diatur satgas ke mana rumah sakit, yang disiapkan," ujarnya.

Edy juga menjelaskan bagi warga yang terjaring razia PPKM tak menggunakan masker, akan di swab. Bila hasilnya positif akan dibawa ke Asrama Haji ini.

"Dia akan diangkat dirawat di sini dan dilakukan PCR, kalau dia positif akan ditempatkan di tempatnya,” ujar mantan Ketua PSSI Ini.

Edy saat meninjau Asrama Haji Medan yang dijadikan tempat isolasi mandiri corona. Foto: Dok. Istimewa

Kata Edy seluruh pelayanan di Asrama Haji gratis. Namun setiap pasien isoman harus mengikuti aturan yang berlaku.

"Ada aturan main di tempat ini. Kapan waktu olahraga kapan waktu istirahat ini diatur panitia. Tidak boleh seenaknya, berpakaian harus rapi, tidak sembarangan. (Karena) nanti bisa menjadikan orang mencemooh dengan kondisi tempat yang terbuka ini," kata Edy.

Dia juga mengeklaim Asrama Haji jadi lokasi representatif bagi warga yang isoman. Sejumlah fasilitas akan disediakan di lokasi tersebut, termasuk tempat berolahraga.

"Nanti disiapkan bola catur, disiapkan ada pingpong. nanti kita siapkan nanti diatur," pungkasnya.

Sumber: kumparan.com