HETANEWS.com - Salah satu cara terbaik untuk mengurangi masalah kesehatan adalah perawatan pencegahan. Namun tidak ada kata terlambat untuk mulai mengadopsi kebiasaan sehat. Faktanya, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association membuktikan bahwa wanita di atas 50 tahun yang mulai mengikuti Diet Portofolio mungkin lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular di kemudian hari. Diterbitkan tempo.co

Diet Portofolio sebagian besar mengandung makanan nabati, yang menurut Food and Drug Administration (FDA) AS telah terbukti menurunkan kolesterol "jahat". Makanan yang dimaksud antara lain:

- Kacang-kacangan, termasuk selai kacang, kacang tanah, dan banyak lagi.
- Protein nabati dari kedelai, kacang hijau, buncis, dan tahu.
- Serat larut dari oat, barley, okra, terong, jeruk, apel, pir, dan beri.
- Lemak tak jenuh tunggal dari minyak zaitun dan alpukat.
- Batasi konsumsi lemak jenuh dan kolesterol, seperti jeroan, produk susu tinggi lemak, telur, unggas, dan mentega.

Para peneliti mempelajari lebih dari 123 ribu wanita pascamenopause di Amerika Serikat yang mengikuti Diet Portofolio. Pada awal penelitian, tidak ada wanita yang memiliki penyakit kardiovaskular. Saat menindaklanjuti (rata-rata ~15 tahun kemudian), para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengikuti diet secara ketat memiliki kemungkinan 11 persen lebih kecil untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular, serta 14 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit jantung koroner, dan 17 persen lebih sedikit kemungkinan untuk mengembangkan gagal jantung.

Hasilnya observasional dan akan membutuhkan lebih banyak penelitian untuk memahami dengan tepat bagaimana makanan ini melindungi jantung. Namun, "pengurangan 11 persen secara klinis bermakna dan akan memenuhi ambang batas minimum siapa pun untuk mendapatkan manfaat," menurut penulis studi senior John Sievenpiper, dalam rilis berita, seperti dilansir dari laman Mind Body Green.

Bahkan berita yang lebih baik? Anda tidak perlu merombak seluruh cara makan Anda untuk melihat hasilnya. “Kami juga menemukan respons dosis dalam penelitian kami,” penulis utama Andrea J. Glenn, mengatakan, “artinya Anda dapat memulai dari yang kecil, menambahkan satu komponen Diet Portofolio pada satu waktu, dan mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan jantung saat Anda menambahkan lebih banyak komponen. ”

Tidak ada kata terlambat untuk mulai mendukung kesehatan jantung Anda. Bahkan mereka yang mulai memasukkan makanan penurun kolesterol di kemudian hari melihat hasil yang positif.