JAKARTA, HETANEWS.com - Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko menegaskan pemerintah terus mengupayakan penanganan pandemi COVID-19 berjalan maksimal. Ia juga menyebut Presiden Jokowi sudah secara tepat memberikan instruksi, salah satunya berkaitan dengan ketersediaan obat dalam negeri.

="Masalah obat, ada memang keluhan mengenai obat. Kita juga sudah mengambil langkah-langkah cepat. Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan, BP Farmasi," kata Moeldoko di Wisma Atlet, Jakarta, Jumat (6/8).

Moeldoko bercerita ketika sempat ada masalah pendistribusian obat dari luar negeri. Jokowi segera memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menyiapkan pesawat Hercules agar obat tersebut dibawa ke Indonesia.

"Bahkan kemarin presiden mendapat informasi ada keluhan tentang transportasi untuk dukungan logistik untuk memindahkan dari beberapa negara karena kesulitan angkutan logistiknya. Presiden langsung memerintahkan Panglima TNI siapkan pesawat Hercules untuk bisa menghubungi semuanya agar tidak ada hambatan apa pun," jelasnya.

=Tak hanya itu saja, Jokowi juga meminta agar proses kedatangan obat tak dipersulit di Bea Cukai sehingga bisa lebih cepat masuk ke Indonesia. Tentu saja, instruksi tersebut dengan memperhatikan aturan-aturan yang berlaku.

="Berikutnya di border, Bea Cukai dapat perintah langsung dari presiden. Semuanya harus berjalan dengan cepat. Tentu tidak boleh melanggar aturan," ujarnya.

Moeldoko kembali memastikan pemerintah berusaha merespons dengan cepat dan mencari solusi terbaik dari setiap masalah dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Jadi hal-hal yang menjadi persoalan sekarang ini sungguh telah direspons dengan cepat dan baik oleh pemerintah," pungkasnya.

sumber: kumparan.com