HETANEWS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan terus menambah tempat isolasi terpadu bagi pasien Covid-19 yang diharuskan menjalani isolasi mandiri (isoman). Salah satunya di bekas Hotel Soechi Internasional.

Hotel ini sudah dioperasikan sebagai tempat isolasi terpadu pasien Covid-19 sejak Minggu (1/8). Pasien yang dirawat di hotel ini merupakan pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau sedang, dan Orang Tanpa Gejala (OTG) serta orang-orang yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi.

Sejak dioperasikan hingga Selasa (3/8), sudah ada sebanyak 66 warga terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani perawatan di hotel ini. Menariknya, lokasi isolasi terpadu di Hotel Soechi ini dilengkapi dengan fasilitas yang super lengkap yang bisa menunjang kesembuhan para pasien.

Melansir dari unggahan akun Instagram @prokopim_pemkomedan pada Selasa (3/8), berikut informasi selengkapnya. Sebelumnya, hotel ini memang sudah dilakukan perbaikan dan renovasi sebelum dijadikan tempat isolasi terpadu, mengingat bangunan hotel sudah satu tahun lebih tidak terpakai.

Sebagai lokasi isolasi terpusat, hotel ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakan pasien untuk berolahraga, seperti fasilitas pusat kebugaran (gym), lapangan tenis, lapangan basket dan kolam renang.

Semua fasilitas tersebut dapat digunakan kecuali kolam renang yang hanya digunakan untuk tempat berjemur para pasien yang diisolasi.

Ada Kamar Isolasi Khusus Keluarga

Instagram/@bobbynst ©2021 Merdeka.com

Di hotel ini, Pemkot Medan menyediakan 120 kamar dan 240 tempat tidur yang bisa digunakan. Di mana satu kamar berisi 2 tempat tidur.

Selain itu, nantinya akan ada ruang isolasi untuk keluarga. Sehingga apabila terdapat satu keluarga yang akan diisolasi, mereka akan ditempatkan dalam satu ruangan tanpa terpisah.

Klaster isolasi keluarga ini bisa dilihat dari berapa jumlah anggota keluarga yang mengikuti isolasi terpusat tersebut. Contohnya, jika ada suami, istri, dan anak terkonfirmasi positif, mereka bisa ditempatkan dalam satu kamar tanpa perlu di pisah-pisah.

Walaupun biasanya satu kamar hanya diisi oleh 2 orang, maka jika satu keluarga yang diisolasi, kamar tersebut dapat menampung lebih dari 2 orang.

Fasilitas Apotek Khusus

Instagram/@bobbynst ©2021 Merdeka.com

Selain itu, di hotel ini nantinya juga akan ada fasilitas apotek khusus, dengan segala kelengkapan obat dan vitamin. Apotek tersebut hanya bersifat internal, yang artinya segala obat-obatan dan vitaminnya tidak boleh diperjualbelikan untuk pihak luar.

Karena obat-obatan dan vitamin tersebut hanya untuk pasien yang diisolasi. Seluruh biaya warga yang diisolasi di Hotel Soechi ini akan ditanggung oleh pemerintah.

Baca juga: Di Medan, Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Diisolasi di Hotel Bintang 4 Secara Gratis

Sumber: merdeka.com