HETANEWS.com - Sebanyak 200 personel Polda Sumatera Utara (Sumut) terpapar corona. Namun kebanyakan dari mereka sudah dinyatakan sembuh.

"Anggota kita (Polda Sumut) yang terpapar ada 200 orang dan sudah pada sembuh," ujar Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono saat mengunjungi tempat isolasi mandiri di eks Hotel Soechi Kota Medan, Selasa (3/8).

Gatot mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan tempat isolasi mandiri bagi anggota polisi yang terpapar corona. Tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran corona. Namun tak disebutkan di mana tempat isolasi khusus Polri dan keluarganya itu disiapkan.

"Kita juga menyiapkan isolasi terpadu kepada anggota dan keluarganya," ujar Gatot.

Dalam kunjungan itu Gatot tampak didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin serta Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution.

Waka Polri, Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono saat berkunjung ke Eka Hotel Soechi yang dijadikan tempat isolasi Mandiri. Foto: Dok. Istimewa

Gatot lalu berpesan kepada masyarakat untuk meningkatkan protokol kesehatan. Bila sudah terjangkit COVID-19 bergejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG), dia menyarankan untuk ke tempat isolasi mandiri yang disediakan pemerintah.

"Kalau tempatnya tidak memungkinkan datang atau bawa ke tempat yang disediakan oleh pemerintah. Karena sudah disiapkan dokternya ada sehingga aman. Karena kalau isolasi mandiri di rumah tidak menjalankan yang benar, bisa menjadi klaster baru di keluarga," ujar Gatot.

Sebelumnya Wali Kota Medan Bobby Nasution, meresmikan bekas Hotel Soechi Medan sebagai tempat isolasi mandiri, Minggu (1/8). Bobby menjamin fasilitas medis maupun SDM di sana sudah lengkap dan memadai.

Selain fasilitas medis di tempat ini juga disediakan alat kebugaran. Musababnya, kata dia, yang dibutuhkan untuk penanganan COVID-19 bukan hanya minum vitamin atau obat saja, tetapi imun pasien juga harus dijaga.

"(Di) Isolasi terpusat ini pasien tidak dikurung, malahan pasien dapat memanfaatkan fasilitas kebugaran di lantai 5 gedung, baik itu tempat gym dan lapangan basket dan tenis yang akan dikhususkan untuk berjemur," ujar Bobby dalam keterangannya.

Kata Bobby bangunan tersebut terdiri dari 12 lantai dengan kapasitas 247 kamar.

"Meskipun kapasitas 247 kamar, namun satu kamar bisa menampung lebih dari dua orang jika masih dalam satu keluarga," tutur Bobby.

Sumber: kumparan.com