JAKARTA, HETANEWS.com - Polda Metro Jaya menggelar kegiatan vaksinasi merdeka menyambut hari Kemerdekaan Indonesia ke 76. Kegiatan ini diharapkan membantu Jakarta mencapai herd immunity di tengah pandemi Covid-19.

"Kekuatan kebersamaan, pondasi gotong royongan, tiang kerukunan itu menjadi kekuatan kita bangsa Indonesia. Momentum ini, dalam momentum hari kemerdekaan, memperingati hari kemerdekaan ini kita ulangi dengan gerakan vaksinasi merdeka," Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Jumat (30/7).

Dia menyebut, pihaknya sudah menyiapkan 900 gerai vaksinasi yang ditempatkan atau berada di Pos Rukun Warga (RW). Sehingga, masyarakat tak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan vaksin.

"Ada 900 gerai yang berada di Pos RW, masyarakat tinggal buka pintu, dia keluar, dia bisa langsung di vaksin, no barrier to entri. Karena jaraknya sudah dekat, kemudian karena masyarakat situ juga dilibatkan tidak ada satupun nanti yang terlewati," sebutnya.

Kapolda juga berharap dengan kegiatan Vaksinasi Merdeka seluruh warga Jakarta sudah tervaksinasi saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia nanti.

"Diharapkan tanggal 17 Agustus, semua warga DKI Jakarta sudah divaksin, mudah-mudahan ini menjadi ikhtiar bisa segera membangun kekuatan," ungkapnya.

"Sehingga Jakarta makin sehat, ekonomi kita bisa bangkit. Dari Jakarta, Indonesia bisa bangkit. Kita sehat, Indonesia Maju," sambungnya.

Program Vaksinasi Merdeka ini mendapatkan bantuan logistik dari sejumlah perusahaan swasta seperti Gojek atau Ojek Online (Ojol).

"Penyerahan logistik yang akan digunakan dalam program vaksinasi merdeka. Ada bantuan dari BCA, Gojek, PMI, Siloam, Pak Indra, Kita Bisa, Hallo Docter dan beberapa yang lain yang saya tidak bisa sebutkan," jelasnya.

"Termasuk ide kreatif daripada anak muda dari mahasiswa yang memiliki platform untuk membangun sebuah gerakan publik privat partnership, di mana modal yang dimiliki oleh masyarakat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan vaksinasi agar Jakarta cepat tercapai Herd Immunity. Kita bisa bukitkan bahwa kalau semua bergerak, semua lapisan bergerak, saya kira apapun bisa kita kerjakan," tutup Fadil. 

sumber: merdeka.com