SUMSEL, HETANEWS.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan segera menyiapkan posko pengisian oksigen bagi masyarakat luas. Layanan itu dapat dinikmati secara gratis dan hanya bermodal membawa tabung saja.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengungkapkan posko pengisian oksigen rencananya didirikan di PT Pusri Palembang dalam waktu dekat. Petugas Dinas Kesehatan akan mengawasi langsung agar tidak terjadi penyalahgunaan.

"Silakan bagi yang membutuhkan oksigen bawa tabung ke Pusri, kita siapkan secara gratis, tapi harus sesuai kebutuhan," ungkap Deru, Kamis (29/7).

Menurut dia, layanan itu sebagai bukti ketersediaan oksigen di Sumsel masih berlimpah. Sebab sejumlah perusahaan, seperti PT Pusri, PT Sinarmas, dan PT Ligasin, masih memproduksi oksigen dalam jumlah besar.

"Kita buktikan bahwa stok oksigen masih sangat aman, makanya kita mudahkan akses publik untuk mendapatkan oksigen. Jadi jangan khawatir kekurangan oksigen," ujarnya.

Dari sisi kemanusiaan, kata dia, Sumsel juga mengirim oksigen ke provinsi-provinsi lain, seperti, Lampung, Jawa Barat, dan terbaru permintaan dari Pemprov Jawa Timur. Tadi malam, sebanyak 12 ton oksigen dikirim ke Lampung dan sebelumnya pengiriman ke Jawa Barat dilakukan.

"Ibu Khofifah (Gubernur Jatim) menelpon saya minta bantuan oksigen juga karena sedang kekurangan, saya bilang segera siapkan ISO tank oksigen. Kita bersyukur bisa saling membantu dalam penanganan Covid-19," pungkasnya. 

sumber: merdeka.com