JAKARTA, HETANEWS.com - Fraksi NasDem Dewan Perwakilan Rakyat menolak adanya fasilitas isolasi mandiri di hotel bagi anggota DPR. Ketua Fraksi NasDem DPR, Ahmad Ali, menilai kebijakan itu berlebihan mengingat saat ini tidak sedikit masyarakat bawah yang kesulitan memperoleh layanan kesehatan.

"Fraksi Partai NasDem secara tegas menolak fasilitas isolasi mandiri di hotel bintang tiga yang diberikan Kesekjenan DPR untuk anggota DPR yang terpapar positif Covid-19," kata Ali dalam keterangannya, Rabu, 28 Juli 2021.

Ali menilai akan lebih tepat jika fasilitas itu dialokasikan bagi kalangan rakyat bawah. Menurut dia, kepercayaan publik terhadap DPR harus dijaga. Ia menilai Dewan harus memberikan kesan untuk tak berjarak dengan kepentingan rakyat sekaligus berempati terhadap situasi yang tengah terjadi.

Fraksi NasDem, kata Ali, mengajak semua pihak untuk berempati kepada mereka yang penuh keterbatasan di tengah kondisi pagebluk saat ini. Ia menganggap anggota Dewan dapat mengurusi diri mereka masing-masing, termasuk untuk isolasi mandiri jika positif Covid-19.

"NasDem memandang para anggota Dewan bisa mengurus dirinya sendiri beserta keluarga untuk membiayai sendiri isolasi mandiri," ujar politikus asal Sulawesi Tengah ini.

Sekretariat Jenderal DPR sebelumnya mengumumkan penyediaan fasilitas isolasi mandiri bagi anggota Dewan, Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Ahli, Staf Administrasi Anggota, dan Pegawai Pemerintah Non-ASN (PPASN) di lingkungan DPR yang positif Covid-19. Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar mengatakan fasilitas ini tak termasuk untuk anggota keluarga.

Menurut Indra, penyediaan fasilitas isoman ini dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang kian parah belakangan ini. Dia mengatakan, beberapa pekan lalu ada belasan anggota Dewan yang positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di kompleks rumah dinas Kalibata, Jakarta Selatan.

Komplain pun bermunculan dari sejumlah anggota Dewan lainnya yang tinggal berdekatan dengan mereka. Menurut Indra, mereka khususnya yang memiliki anak-anak kecil khawatir terjadi penularan di lingkungan tersebut.

Maka dari itu, Indra melanjutkan, Sekretariat Jenderal DPR menjajaki kerja sama dengan Hotel Ibis dan Oasis Amir di Jakarta. Ia mengantisipasi agar anggota Dewan tak perlu isolasi di rumah dinas Kalibata seumpama positif Covid-19 nantinya.

"Kalau nanti ada anggota yang positif lagi supaya tidak berada di lingkungan kompleks Kalibata, karena menimbulkan risiko di dalam rumahnya dan di dalam lingkungannya," ujar Indra kepada Tempo, Selasa, 27 Juli 2021. Namun gagasan itu ditentang Fraksi NasDem.

Sumber: tempo.co