JAKARTA, HETANEWS.com - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, ada tren penurunan mobilitas masyarakat di hampir semua wilayah Indonesia sejak diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga saat ini.

“Dapat kami sampaikan terjadi tren penurunan pergerakan atau mobilitas di hampir semua wilayah,” kata Nadia dalam telekonferensi pers PPKM, Rabu (28/7/2021).

Nadia mengatakan, penurunan mobilitas pergerakan orang ini juga terjadi di sektor transportasi hingga pusat-pusat perbelanjaan serta restoran.

Ia juga menekankan, mobilitas atau pergerakan masyarakat berisiko meningkatkan penularan Covid-19. Oleh karena itu, pembatasan pergerakan menjadi aspek penting sebagai salah satu upaya pemutusan transmisi virus corona.

Selain itu, Nadia menekankan, upaya pelonggaran pergerakan secara bertahap akan dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Ia pun berharap laju transmisi Covid-19 dapat terus menurun.

“Upaya pelonggaran dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan secara bertahap akan dilakukan,” ujar dia.

Sumber: kompas.com