SIMALUNGUN, HETANEWS.com - DPD Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Simalungun dukung program Haroan Bolon Bupati Simalungun di masa pandemi. Kegiatan haroan bolon dilakukan di depan kantor camat Kecamatan Siantar jalan Asahan Km 4,5 Rabu (28/7).

Ketua DPD IPK Simalungun Martogi Sinaga SH mengatakan, partisipasi IPK merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah daerah membangun Simalungun di tengah pandemi. Haroan bolon (gotong royong) dilakukan bersama sama masyarakat, pemerintah, OKP, mahasiswa, TNI merupakan budaya bangsa Indonesia yang harus tetap dilaksanakan.

Martogi menyatakan siap mendukung haroan bolon di semua Kecamatan se-Kabupaten Simalungun. " Jika ada kegiatan marharoan bolon dikecamatan lain IPK Siap berpartisipasi," jelas Togi .

Kegiatan Marharoan Bolon juga dapat menciptakan suasana kekeluargaan, menjalin kekompakan dan kedekatan antara OKP, Pemerintahan,TNI dan elemen masyarakat. 

Haroan Bolon di jalan Asahan memang sangat layak dilakukan, mengingat kondisi jalan yang cukup parah. Banyaknya lobang sehingga menyulitkan pengguna jalan raya tersebut. Bahkan lokasi ini beberapa waktu lalu menyebabkan laka lantas yang banyak menimbulkan korban jiwa.

Jalan tersebut, belum dapat diperbaiki oleh pemerintah propinsi meski sudah diusulkan. Karena pengadaan dana masih diprioritaskan pada penanganan covid-19. Sehingga secara bersama saling bergotong royong memperbaiki jalan rusak.

Seperti dikatakan marga Girsang warga sekitar lokasi Haroan bolon, sangat berterima kasih kepada IPK karena sudah turut membantu melaksanakan kegiatan haroan bolon memperbaiki jalan. Setidaknya sudah lebih baik dari kondisi sebelumnya, katanya.

Elianto Purba, Camat kecamatan Siantar juga mengucapkan terima kasih kepada IPK yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan Haroan Bolon tersebut. Partisipasi tenaga,pemberian makanan, masker dan minuman sudah sangat membantu kegiatan tersebut.

"Budaya Haroan Bolon merupakan cerminan budaya masyarakat Simalungun. Menjadikan pekerjaan lebih ringan, cepat selesai dan mendapatkan hasil yang maksimal. Pekerjaan yang dilakukan merupakan kesepakatan bersama untuk kepentingan orang banyak. Mati terus kita lestarikan budaya Haroan Bolon sebagai cerminan asli masyarakat Simalungun," ungkapnya.