MEDAN, HETANEWS.com - Setelah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, kini Kota Medan telah menerapkan PPKM Level 4. Jika sebelumnya tak boleh makan di tempat, kini masyarakat dapat melakukannya dengan batas waktu 20 menit.

“Kemarin tidak boleh makan di tempat dan harus take away, sekarang sudah diperbolehkan dengan waktu maksimal 20 menit,” ujar Wali Kota Medan Bobby Nasution, Selasa (27/7/2021).

Hal itu sontak menarik perhatian masyarakat dari berbagai kalangan. Ada yang menilai 20 menit sebagai waktu yang terlalu sebentar untuk proses makan di tempat. Bobby mengatakan agar penerapannya efektif, saat selesai makan, masyarakat dapat langsung meninggalkan tempat.

“Kalau makannya sudah habis, jangan pakai merokok lagi. Jangan duduk-duduk dan nongkrong lagi, langsung pulang ke rumah,” tuturnya.

Sebelumnya, pemerintah telah melakukan perpanjangan penerapan PPKM Level 4 di Kota Medan hingga tanggal 2 Agustus 2021 mendatang.

Menindaklanjuti instruksi dari Menteri Dalam Negeri, Pemerintah Kota Medan juga telah mengeluarkan surat edaran terkait aturan yang berlaku selama penerapan PPKM Level 4. Seluruh Camat dan Lurah diminta untuk mengoptimalkan posko penanganan Covid-19.

Selain itu sektor non esensial masih belum diizinkan untuk beroperasi. Sektor esensial diizinkan beroperasi maksimal 50 persen, sedangkan sektor kritikal seperti kesehatan, logistik dan lainnya dapat beroperasi 100 persen.

Sumber: kabarmedan.com