TOBA, HETANEWS.com - Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya menginstruksikan kepada jajarannya agar melanjutkan pos penyekatan dari tanggal 27 Juli- 2.Agustus 2021, untuk melakukan dan meningkatkan Ops Yustisi dan Pos Sekat di perbatasan antar Kabupaten.

"Pos penyekatan bertujuan untuk memeriksa kenderaan yang masuk ke kabupaten Toba melalui Tracing dan ukur suhu badan di Pos Penyekatan Satgas PPKM Mikro dalam Antisipasi Penyebaran Covid-19  Wilayah Kabupaten Toba," jelas Akala.

Ia menjelaskan dasar dari pelaksanaan Pos Penyekatan dan Ops Yustisi pada PPKM Mikro Level 3 berdasarkan  instruksi Gub. Sumut NO 26 2021, tentang pemberlakuan PPKM Level 3, 2 dan 1.

Selanjutnya, UU Kepolisian Republik Indonesia No  2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, dalam Surat Telegram Kapolda Sumut Nomor: STR/358/VI/OPS.2./2020, tanggal 26 Juni 2020 Jukrah pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). 

Dan berdasarkan Perintah Lisan Kapolres Toba tentang Kegiatan Pos penyekatan Gugus Tugas PPKM mikro covid 19 di wilayah Kabupaten Toba. 

Lokasi dari Pos Penyekatan PPKM Level 3 ini berada di Jalan lintas Medan- Tarutung Desa Longat, Balige dengan personil jaga terdiri dari Polri 5 orang, TNI 2  Orang, Tenaga kesehatan 1 orang dan satpol PP 2 orang dan Disub 2 orang.

Melalui ops penyekatan PPKM Level 3 Ini, Kapolres Toba berharap supaya masyarakat Toba lebih disiplin dan lebih memahami penerapan prokes pada saat pandemi covid 19.

"Dalam ops PPKM level 3 kita memberikan edukasi, himbauan dan sosialisasi tentang protokol kesehatan berupa sosial distancing, pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan," tutup Akala.

Baca juga: Iptu Marlen Sitanggang Ajak Warga Toba Sadar Prokes