JEPANG, HETANEWS.com - Sejarah baru kembali tercipta di Olimpiade Tokyo 2020. Filipina, untuk pertama kalinya meraih medali emas sepanjang keikutsertaan mereka di ajang Olimpiade.

Adalah Hidilyn Diaz yang berhasil mempersembahkan emas pertama bagi Filipina dalam sejarah Olimpiade. Hidilyn Diaz adalah atlet wanita untuk cabang olahraga angkat besi.

Sepanjang ikut serta di Olimpiade, Filipina hanya sanggup meraih 3 perak dan 7 perunggu. Pada Olimpiade Brasil 2016, meraih satu medali perak saja.

Pada Senin (26/7) WIB, Hidilyn Diaz turun di nomor 55 kg angkat besi putri Olimpiade 2020. Ia mencatat total angkatan 224 kg, unggul tipis dari wakil China, Liao Qiuyun, di posisi kedua dengan 223 kg.

''Sejarah tercipta. Hidilyn Diaz meraih medali emas pertama untuk Filipina!'' tulis akun ofisial Olimpiade Tokyo 2020.

Hidilyn Diaz mencatat angkatan 97 kg dari angkatan snatch. Ia sebenarnya sempat mencoba beban 99 kg di angkatan snatch ketiga, namun gagal.

Sementara, untuk raihan clean & jerk, Hidilyn Diaz mencatat angkatan 127 kg dari angkatan ketiga. Pada angkatan clean & jerk pertama dan kedua, ia berhasil mengangkat 119 kg dan 124 kg.

sumber: kumparan.com