SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Jaksa Firmansyah SH menuntut terdakwa Andion Manik alias Dion (21) selama 10 tahun penjara potong tahanan sementara yang telah dijalani. Surat tuntutan jaksa dibacakan dalam persidangan online di Pengadilan Negeri Simalungun, Senin (26/7).

Terdakwa Dion terbukti membunuh korban Mananda Siadari (33), yang merupakan temannya. Pembuhan itu dilakukan terdakwa pada Sabtu 27 Februari 2021 pukul 23.30 WIB di warung tuak milik Parulian Sijabat di Huta IV Nagori Pematang Kerasaan Rejo Kecamatan Bandar yang merupakan kampung terdakwa dan sikorban.

Malam itu terdakwa dan korban sama-sama di dalam warung tuak tersebut. Kemudian korban mendengar dari pemilik warung jika terdakwa telah menceritakan tentang perselisihan korban dengan seseorang (Parkode) di Sidamanik tempat mereka bekerja bangunan di Tiga Bolon Sidamanik.

Merasa aibnya disebarluaskan oleh terdakwa lalu korban merasa sakit hati. Kemudian korban melakukan pemukulan terhadap terdakwa meski sudah meminta maaf. 

Selama ini, korban juga seringkali merendahkan terdakwa karena lebih muda usianya. Sehingga terjadi pertengkaran dan dilerai oleh Parulian selaku pemilik warung dan menyuruh terdakwa pulang ke rumahnya. 

Ternyata terdakwa masih merasa kesal dan emosi lalu mengambil pisau belati dari rumahnya yang berjarak 300 meter dari kedai tuak. Terdakwa kembali mendatangi korban dan menusuk bagian dada korban satu kali. 

Di bagian leher satu kali dan dibagian punggung 2 kali tusukan. Akibat luka tusuk tersebut korban kehabisan darah dan meninggal dunia. Terdakwa dipersalahkan melanggar pasal 338 ayat (1) KUH Pidana. 

Atas tuntutan jaksa tersebut, terdakwa didampingi pengacara pengacara Fransiskus Silalahi SH memohon kepada hakim agar hukumannya diringankan. Dengan alasan menyesali perbuatannya dan berjanji akan bertobat.

Persidangan dipimpin hakim Roziyanti SH dibantu panitera Jonni Sidabutar SH ditunda hingga Senin mendatang untuk pembacaan putusan. "Untuk putusan, sidang ditunda hingga Senin mendatang," kata Roziyanti sambil mengetuk palu.