KALBAR, HETANEWS.com - Berbagai peristiwa terjadi dalam sepekan terakhir di Kalimantan Barat. Mulai dari polisi menangkap penyebar hoaks hingga rumah anggota DPRD Kalbar ludes terbakar.

Berikut Kalbar Sepekan yang dihimpun tim.

1. Polisi Tangkap Penyebar Video Hoaks Soal Ricuh di Pasar Flamboyan Pontianak

Unit Jatanras Satreskrim Polresta Pontianak, mengamankan dua pria berinisial AM dan Mo, Selasa, 20 Juli 2021. Diduga mereka adalah penyebar video hoaks soal keributan di Pasar Flamboyan Pontianak.

Video tersebut sempat viral dan beredar di sejumlah platform media sosial, setelah diposting AM di akun Facebook miliknya. Video tersebut menggambarkan keributan warga, yang melawan petugas, dengan melempari kardus dan penyekat jalan.

Tak diketahui pasti dari mana AM mendapatkan video tersebut, yang jelas, ia dijemput personel Jatanras, setelah polisi melakukan peyelidikan di internet.

"Pelaku memposting di akun sosial media miliknya, terkait video berita bohong, yang seolah-olah keributan tersebut terjadi di Pasar Flamboyan Pontianak, hingga viral beberapa hari yang lalu," kata Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Leo Joko Triwibowo, melalui Kasat Reskrimm AKP Rully Robinson Polii.

2. Terkuak 553 Tabung Oksigen Ditimbun di Sanggau, 273 Masih Ada Isinya

Polda Kalimantan Barat melakukan penggerebekan di dua lokasi yang menimbun tabung oksigen. Total ada 553 tabung oksigen yang ditemukan Satgas Oksigen Kalbar, pada Selasa, 20 Juli 2021, sekitar pukul 13.40 WIB.

Penggerebekan tersebut dilakukan di dua lokasi, yakni di gudang dan toko bangunan yang berada di Kecamatan Perindu, Kabupaten Sanggau, Kalbar.

Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Donny Charles Go mengungkapkan, sebanyak 497 tabung ditemukan di gudang, dan sebanyak 56 tabung ditemukan di toko bangunan.

“Total 553 tabung, yang berisi oksigen sebanyak 273 tabung, dan tabung kosong sebanyak 280 tabung,” kata Donny, Rabu, 21 Juli 2021.

3. Rumah Anggota DPRD di Kalbar Ludes Terbakar

Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kalimantan Barat. Kali ini menimpa rumah milik Sudarwin atau yang akrab disapa Anen, mantan anggota DPRD Sambas.

Rumah di jalan menuju dermaga Sintete, Kecamatan Semparuk, Kabupaten Sambas tersebut, terbakar pada Minggu siang, 25 Juli 2021.

Kebakaran tersebut diduga akibat korsleting listrik. Namun polisi masih akan melakukan penyelidikan lebih lanjut, untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

4. Warga di Pontianak Antre 3 Jam Lebih untuk Isi Ulang Tabung Oksigen

Antrean isi ulang tabung oksigen di salah satu agen di Jalan Antasari, Pontianak, semakin membludak. Sejumlah warga rela antre untuk mendapat oksigen yang dibutuhkan.

Salah satu warga yang ikut antre, Faturohman, mengatakan, ia antre lebih dari 3 jam, sejak pukul 07.00 WIB, dan baru mendapatkan isi ulang oksigen tersebut pada pukul 10.30 WIB.

Ia tampak membawa 2 tabung oksigen ukuran kecil. Kepada Hi!Pontianak, ia mengatakan, oksigen tersebut untuk istrinya yang saat ini sedang positif corona.

5. Remaja di Ketapang Ditangkap Polisi Saat Jual Kamera Curian di Facebook

Ra, remaja berusia 15 tahun asal Ketapang, harus berurusan dengan polisi. Ia ditangkap karena menjual kamera curian di Facebook.

Terungkapnya kasus tersebut saat korban, berinisial MUS, warga Jalan Gajah Mada Ketapang, melihat kamera yang identik dengan miliknya yang hilang, sedang ditawarkan seseorang di Facebook.

Pada Jumat, 23 Juli 2021, dini hari, MUS mengaku rumahnya di Desa Sukabangun, Kecamatan Delta Pawan, Ketapang, Kalimantan Barat, dimasuki pencuri. Salah satu yang hilang adalah kamera Canon 70D, lengkap dengan lensa dan pengisi daya.

sumber: kumparan.com