JAKARTA, HETANEWS.com - Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Luhut Binsar Pandjaitan meminta sektor industri untuk menerapkan protokol kesehatan kepada pegawai di pabrik. Bila ada pegawai yang sakit, dia ingin pegawai tersebut langsung dilakukan tes Covid-19 agar bisa diketahui lebih dini.

"Saya minta kalau ada yang sakit langsung dites aja. Kalau ada pekerja yang ada indikasi juga, langsung dilakukan pengecekan saja," kata Luhut dalam keterangan persnya, Jakarta, Sabtu (24/7).

Menurutnya, langkah mitigasi ini harus dilakukan para pengusaha. Saat ini Luhut menyebut penerapan mitigasi dan protokol kesehatan yang sesuai standar telah dilaksanakan oleh salah satu pabrik rokok di Kudus Jawa Tengah. Dia pun menginginkan cara yang sama bisa ditiru pabrik di berbagai wilayah lainnya.

"Mungkin apa yang dilakukan di pabrik itu bisa jadi model, dimana industri sudah jalan dua shift tapi protokol kesehatan tetap dijalankan," kata dia.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan saat ini sektor industri telah diwajibkan melakukan laporan berkala terkait penerapan protokol kesehatan. Bila ada perusahaan yang tidak melaporkannya, Agus akan memberikan sanksi administrasi.

"Perusahaan yang tidak melakukan pelaporan akan dikenakan sanksi administrasi," kata Agus.

Dia memaparkan penerapan protokol kesehatan yang wajib dimiliki antara lain adanya Satgas Covid, tersedianya fasilitas dan tenaga kesehatan di tempat kerja. Lalu menyusun panduan kedatangan dan kepulangan pegawai, pengaturan shift dan aktivitas lain yang mengakibatkan kerumunan, serta melarang pekerja yang sakit untuk bekerja. 

sumber: merdeka.com