JAKARTA, HETANEWS.com - Kasus penyebaran Covid-19 di Kota Padang masih menunjukkan angka yang tinggi dalam beberapa hari belakang. Salah satu penyebabnya adalah masuknya varian Delta ke Sumatera Barat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang Feri Mulyani mengatakan, jika saat ini rata-rata kasus positif Covid-19 mencapai 400 orang setiap harinya, bahkan ada yang mendekati 600 orang.

"Kalau melihat angkanya, dalam beberapa hari ini Kota Padang masih cukup tinggi, di angka 400 an setiap harinya untuk penambahan kasus Covid-19," kata Feri di Padang, Jumat (23/7).

Dia menjelaskan, jika tingginya angka positif Covid-19 diperkirakan karena masuknya varian Delta ke Sumatera Barat, yang membuat risiko penularan lebih cepat.

"Untuk itu, kita mengimbau masyarakat untuk selalu menaati protokol kesehatan. Yang terpenting, menggunakan masker dengan benar, bahkan sekarang juga kita anjurkan untuk menggunakan masker dua lapis," jelas Feri.

Dia mengatakan, jika penularan varian Delta ini jauh lebih cepat menyebar, dibandingkan dulu yang biasanya lima hari setelah terinfeksi baru memiliki gejala, saat ini hanya butuh waktu satu hingga dua hari saja.

Selain itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin meningkat, pihaknya terus menggencarkan vaksinasi kepada masyarakat. Pihaknya menargetkan pada Desember 2021 nanti, 70 persen masyarakat Kota Padang telah divaksinasi Covid-19.

"Kita berharap Desember mendatang, sudah 70 persen minimal masyarakat di Kota Padang yang divaksinasi Covid-19. Jika sudah divaksin, tentu kekebalan kelompok akan terjadi, perlahan kita akan bisa keluar dari Pandemi Covid-19," sebut Feri. 

sumber: merdeka.com