SIANTAR, hetanews.com - Sesuai dengan Instruksi Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.54/29/INST/2021, PPKM Mikro di beberapa daerah termasuk Kota Siantar mengalamai perpanjangan waktu dari tanggal 21-25 Juli 2021.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemberlakuan PPKM Mikro di Zona Merah ini yaitu beberapa tempat dan kegiatan yang menimbulkan keramaian untuk sementara waktu ditutup seperti taman bermain, tempat wisata, lokasi seminar/rapat, sekolah dan tempat-tempat ibadah.

Ada pula tempat-tempat yang diperbolehkan beroperasi dengan syarat batas jam operasional hingga jam 17.00 WIB dan membatasi pengunjung diantaranya yaitu pusat perbelanjaan/mall, rumah makan, kafe, spa, karaoke, diskotik dan club malam.

Dalam Ingub tersebut, Walikota diminta untuk melakukan sosialisasi terkait dengan PPKM Mikro kepada warga masyarakat yang berada di wilayahnya dan apabila terdapat pelanggaran maka dilakukan pemberian sanksi
sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Namun hingga detik ini masih banyak masyarakat Kota Siantar yang belum juga sadar untuk selalu menerapkan 5M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas). Juga masih banyak area publik yang masih bebas beroperasi dan mengundang kerumunan.

Kalau hal tersebut terus berlanjut ditakutkan Kota Siantar tidak bisa menekan angka kematian dikarenakan penyebaran virus covid-19 yang kian mengganas.