ASAHAN, HETANEWS.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Asahan melaksanakan penyembelihan 4 hewan kurban (lembu, red) pada perayaan Idul Adha tahun 2021 M /1442 H. 

Proses pemotongannya sendiri, bertempat di halaman kantor Disdik, Jalan Ahmad Yani by Pass Kisaran, Selasa, (20/07/2021) mulai pukul 08.00 WIB. 

Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Sofyan Marpaung mengatakan, hewan-hewan yang dikurbankan tersebut sebelumnya sudah diperiksa oleh petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dan dinyatakan memenuhi syarat untuk dilakukan penyembelihan. 

"Setelah disembelih, rencananya 1 ekor akan dibagikan kepada warga sekitar sini dan 3 ekornya akan dibawa ke kantor Bupati untuk selanjutnya pihak panitia disana yang akan membagikannya kepada masyarakat penerima atau pemilik kupon", katanya. 

Pantauan wartawan, tak lama setelah selesai disembelih, sekira pukul 12.00 WIB, beberapa petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan melakukan pemeriksaan lanjutan yang meliputi hati, paru dan isi perut pada lembu tersebut. 

"Dari pemeriksaan barusan, petugas kami menemukan ada cacing pita pada salah satu hati lembu tersebut dan sampelnya telah kita amankan untuk dibawa ke laboratorium,”ungkap Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Hardiansyah Siregar.

“Saran kami sebagai langkah pencegahan, sebaiknya daging yang sudah dibungkus tersebut diseleksi lagi agar tidak menimbulkan penyakit dikemudian hari jika dikonsumsi manusia,” katanya menjelaskan.

Dimintai tanggapannya terkait penemuan cacing pita tersebut, Sekretaris Disdik Asahan, Pardomuan Sitorus, mengatakan pihaknya bersama panitia telah mengikuti tata cara proses pemotongan hewan kurban tersebut. 

"Tapi biasanya itu kalau cacing pita ditemukan di hati lembu, cuma mau bagaimana lagi, sudah sempat kita bungkusin semua, dan kita tidak tahu lembu yang mana tadi yang disebutkan pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan ada cacing pitanya, soalnya kan ada 4 lembu ini, mereka pula lama kali datangnya, udah siap dipotong-potong baru datang", ketusnya. 

Melansir sehatq.com, Cacing pita pada lembu atau sapi bisa menginfeksi manusia dan mengakibatkan 'tapeworm infection'. Infeksi cacing pita pada orang dewasa umumnya tidak menunjukkan gejala yang jelas.

Namun, beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh penderita adalah diare, rasa tidak nyaman di perut, dan rasa sakit pada bagian atas perut. Secara garis besar, proses penularan cacing pita pada sapi kurang lebih sama dengan proses penularan cacing pita pada babi.

Baca: Bupati Asahan Turun Patroli Malam Takbiran