SIANTAR, HETANEWS.com - Ketua Pengadilan Negeri [PN] Siantar Derman Nababan melantik Zulfahri Siagian SH sebagai Sekretaris PN di ruang sidang Kartika, Senin (19/7/2021).

Pada kesempatan ini, Derman Nababan menyampaikan mutasi merupakan hal yang biasa di lingkungan lembaga peradilan Mahkamah Agung RI. 

Ia juga mengatakan jabatan sekretaris merupakan motor penggerak organisasi. Sebagai Kuasa Pengguna anggaran (KPA) dan menjadi penentu pembiayaan, perencanaan dan kepegawaian. 

"Kemajuan suatu pengadilan bergantung bagaimana kecepatan dan kecekatan seorang sekretaris. Pengadilan yang maju di Indonesia adalah pengadilan yang memiliki kecanggihan dan kecepatan informasi berbasis teknologi," katanya.

Oleh karena itu, kata dia diharapkan sekretaris harus mampu menjadi penggerak organisasi Pengadilan Negeri Siantar untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan sistem digitalisasi. 

Dirinya pun yakin Zulfahri masih muda dan memiliki prestasi kerja yang cukup baik.

Sebelumnya Zulfahri bertugas di PN Kelas IIA Mandailing Natal dan kini menggantikan Esron Ginting SH yang mutasi PN Sibolga. 

Esron mengucapkan terimakasih kepada pejabat lama Esron Ginting SH atas dedikasinya dan kinerjanya. Mutasi ke PN Sibolga menjadi alternatif pilihannya untuk dapat melaksanakan tugas dan dekat dengan keluarga.

Pada kesempatan ini, Ketua PN Siantar mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk saling bekerjasama. 

Kepemimpinannya saat ini ia harapkan  mampu menjadikan keluarga besar PN Siantar menjadi keluarga yang harmonis dan semua pekerjaan dapat dilaksanakan dengan baik.

Dirinya juga lebih fokus kepada solusi daripada menerapkan sistem yang kaku atau formil kepada seluruh jajarannya. “Pendekatan moril seluruh jajaran dianggap sahabat, tanpa ada jarak,' ungkapnya.

Acara pelantikan dan serah terima jabatan ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan dibimbing Rohaniawan dan penandatanganan berita acara pelantikan. 

Pelantikan dan Sertijab berlangsung sesuai Prokes dihadiri seluruh hakim dan pegawai juga Ketua Ikatan Dharma Karini Ny.Rumatta Derman Nababan. 

Ia mengucapkan selamat kepada Zulfahri di PN Kelas IB yang juga merupakan salah satu Pengadilan Kelas IB yang tertua di Indonesia.

"Memiliki usia yang sudah tua bahkan gedungnya merupakan peninggalan Belanda, sehingga tidak banyak yang bisa direnovasi," ungkap Derman.

Baca: Ini Penjelasan SatPol Soal Video Viral di Taman Bunga