SIANTAR, hetanews.com - Sebelumnya Kota Siantar berada di Zona Merah Level 2, namun per hari ini, Sabtu (17/07/2021) dari 22 Kabuparen/Kota di Sumut yang sebelumnya masih di Level di dua, kini naik menjadi level tiga. 

Terkait hal tersebut pun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) langsung bergerak cepat dengan melakukan Razia Keliling kepada seluruh elemen Masyarakat yang berada di kota Siantar, Razia ini dilakukan guna pencegahan penyebaran Virus Covid-19 yang ada di kota Siantar yang kian meningkat.

"Kegiatan ini hampir tiap hari dilakukan, dan kita dapat info dari Satgas bahwa hari ini saja sudah 45 (Empat Puluh Lima) orang yang terpapar virus Covid-19, maka dari itu kami melakukan kegiatan ini" jawab Raja selaku Kabid Trantib Satpol PP

Saat di wawancara dalam razia yang dilakukan Satpol PP, Raja juga menyebutkan bahwa tidak adanya pelarangan terhadap pedagang yang berjualan disekitar pelataran Kantor DPRD dan sekitarnya, melainkan berkumpulnya kerumunan yang terjadi di sekitar kota Siantar.

Razia dilakukan demi keselamatan bersama, diakhir wawancara Raja mengajak masyarakat untuk tetap melakukan 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak). 

Terpisah Sekertaris Satgas COVID-19 yang diwawancarai hetanews membenarkan jika ada kenaikan yang signifikan pasien terpapar covid. 

"Iya benar Per hari ini, atau satu hari ini saja sudah 45 orang terpapar, dan kita baru mengebumikan 3 orang pasien yang meninggal akibat covid, dan level kita dari Zona merah level dua kini kita sudah naik menjadi level tiga, bersama 22 kabupaten/kota lain, "Katanya. 

Untuk itu Daniel meminta kepada seluruh masyarakat agar terus mematuhi prokes, sehingga dapat menekan penyebaran COVID-19. 

"Sebenarnya kita tak ingin melakukan ini, tetapi melihat semakin tidak patuhnya masyarakat menaati prokes, dan semakin tingginya tingkat penyebaran COVID-19, kita harus melakukan penertiban ini, jadi kami berharap agar masyarakat sama-sama menjaga dengan mematuhi prokes, " Harapnya.