HETANEWS.com - Koordinator PPKM Darurat Luhut Binsar Pandjaitan meminta kerja sama masyarakat dan semua pihak dalam menyelesaikan pandemi corona. Menurutnya, kunci utama keberhasilan adalah kekompakan dan jangan sampai dipolitisasi.

"Kalau kita tidak kompak, kita tidak satu, tidak akan bisa kita selesaikan. Ini (penularan corona) nanti bisa turun, (tapi) bisa muncul lagi nanti kalau kita tidak disiplin (prokes)," ujar Luhut saat konferensi pers evaluasi PPKM Darurat, Sabtu (17/7).

"Jadi kata kunci, saya imbau ke semua masyarakat pada semua kita jangan kita politisasi ini," imbuhnya.

Luhut menegaskan pentingnya penanganan pandemi corona di sektor hulu yakni kerja sama masyarakat disiplin prokes dan bersedia divaksin.

"Kekompakan itu, saya kira di hulu, itu nasihat yang saya terima dari dewan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia maupun dari UGM, maupun juga dari Airlangga (Unair), yang saya minta mereka memberikan asistensi dan memberikan juga pandangan-pandangan (terhadap) kami, dan itu pandangan yang mereka berikan ke kami dan itu kami serap," jelasnya.

Menurut Luhut, pengendalian pandemi corona, khususnya varian Delta, tak memandang siapa yang lebih pintar dan tinggi jabatan. Yang terpenting adalah kekompakan.

"Tidak ada yang paling pintar di sini, tidak ada yang paling hebat di sini. Kita semua sama dan kita menghadapi suatu varian Delta yang luar biasa ganasnya dan bisa mengenakan siapa saja, dan kita sudah lihat dan merasakan di sekeliling kita banyak yang kena," kata Menko Marves ini.

Hal itu, kata Luhut, sesuai perintah Presiden Jokowi untuk saling bahu-membahu mengatasi pandemi corona.

"Presiden memerintahkan kami semua pembantunya untuk bekerja around the clock untk menyelesaikan permasalahan ini atau mengontrol ini dan tidak mudah, kalau hanya kami (pemerintah yang mengerjakan) tidak akan bisa selesai. Kita bersama akan bisa menghadapi permasalahan ini," pungkasnya.

Sumber: kumparan.com