SIANTAR, hetanews.com - Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Kota Siantar diketahui bahwa 7 kecamatan di Kota Siantar berada di zona merah dan hanya 1 kecamatan yang berada di zona orange, dengan hal ini akankah Kota Siantar melaksanakan PPKM darurat? 

Menanggapi hal tersebut, dr. Ronald Saragih selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Siantar dikonfirmasi pada Kamis (15/7/2021) menyebutkan Siantar sedang menjalankan PPKM Mikro, dirinya juga sedang mengumpulkan petugas sebagai survey tentang cara pelaksanaan tracing (pendataan).

"Ada aturannya untuk PPKM di Inmendagri, ada penjelasannya disitu zona merah level 1-4. Kota Siantar masih level 2,5 menjurus ke level 3. Makanya kita belum perlu begitu jadi mudah-mudahanlah tidak perlu dilakukan PPKM ya," ujar Ronald.

Ronald menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa selalu menerapkan 3M demi menekan angka pasien terpapar covid-19 yang kian bertambah.

"Untuk menekan ini ya ikuti itu aja 3M. Kalau masih ada yang bandel ya Satpol PP lah disitu, kan sudah tiap malam orang itu patroli, kasihan juga kan mereka," ungkapnya.

Terkait isu pesta sebagai penyebab melonjaknya jumlah pasien terpapar covid-19, Ronald menegaskan akan melakukan rapat dengan Forkopimda untuk menindaklanjuti hal tersebut, apakah akan diberlakukan larang untuk menggelar pesta atau tidak akan disimpulkan setelah rapat.