HETANEWS.com - Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, bahwa pemerintah akan terus berupaya menambah pasokan oksigen. Juga mengupayakan percetakan distribusi oksigen ke daerah-daerah dengan kasus tinggi.

"Adapun strategi pemerintah menambah pasokan oksigen serta mengupayakan agar penyaluran ke daerah kasusnya tinggi dan ini harus dilakukan percepatan," kata dia, dalam konferensi pers harian PPKM Darurat, Rabu (14/7).

Salah satu pasokan oksigen, lanjut dia, datang dari konversi oksigen industri. Terkait langkah ini, Kementerian Kesehatan menggandeng Kementerian Perindustrian.

"Kami sudah mendapatkan komitmen tentunya dari Kementerian Perindustrian agar konversi oksigen industri ke medis sampai dengan angka 80 persen dan melalui konversi ini maka oksigen yang didapatkan untuk memenuhi kebutuhan nasional mencapai 575.000 ton," ujar Nadia.

Selain itu, pasokan oksigen juga datang dari bantuan korporasi maupun bantuan yang datang dari luar negeri. Pasokan oksigen tersebut akan dimanfaat seoptimal mungkin.

"Pemerintah juga terus memperoleh bantuan oksigen baik dari perusahaan maupun bantuan luar negeri. Bantuan oksigen ini akan didistribusikan ke daerah-daerah dengan angka kasus-kasus yang tinggi," katanya.

Sumber: merdeka.com