SIANTAR, HETANEWS.com - Kejaksaan Negeri Siantar melakukan test swab antigen kepada 34 orang tahanan yang akan dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Pematangsiantar. Swab antigen sebagai salah satu syarat yang harus dilakukan, sebelum tahanan dititipkan ke Lembaga pemasyarakatan [Lapas].

Aturan tersebut sesuai instruksi dari Kemenkumham sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan Lapas. Melalui swab antigen dapat diketahui tahanan itu terkonfirmasi Covid atau tidak.

Hanya tahanan yang sudah memasuki tahap persidangan (tahanan hakim) yang bisa dititipkan di Lapas. Tujuannya adalah agar tidak terjadi over kapasitas, dimana tahanan polisi juga dititipkan di Lapas.

Swab Antigen kepada para tahanan dilakukan di klinik Kantor Kejari Siantar dibantu oleh petugas medis dari Dinas Kesehatan, Selasa (13/4/2021).

"Swab antigen kepada 34 orang tahanan dilakukan di klinik oleh petugas medis Dinkes Kota Pematangsiantar. Tahanan yang dipindahkan ke Lapas, yang sudah berstatus tahanan hakim atau sudah disidangkan," kata Kasi Pidum Kejari Siantar Edi Syahjuri Tarigan di kantornya. 

Ia menjelaskan, dari hasil swab test 34 orang tahanan hasilnya negatif Covid 19. Proses pemindahan dibawah pengawalan petugas tahanan berjalan aman dan lancar. 

Baca: Radiapoh Jarang Tempati Rumah Dinas, Ini Respon Zonny Waldi