SIANTAR, hetanews.com - Kematian Anak Buah Kapal (ABK) Rikky Samosir membuat kumpulan Raja Sonang Sedunia yakni yang terdiri dari Marga Samsoir/Harianjah, Pakpahan, Gultom dan Sitinjak, angkat bicara, mereka mengutuk perusahaan yang tidak bertanggung jawab untuk memulangkan jenazah dari Rikky, selain itu mereka juga meminta kepada Kementrian Luar Negri (Kemenlu) agar mengusut tuntas kematian dari Riky Samosir.

Dalam pernyataannya kepada hetanews, Selasa (13/07/2021) Ketua Raja Sonang Sedunia M Alboinsah Gultom mengutuk keras perusahaan dimana tempat Riky bekerja sebagai ABK, sebab tidak bertanggung jawab atas pekerjanya yang mengalami sakit sampai akhirnya meninggal.

"Dari Kronologi yang disampaikan keluarga, kita juga bingung kenapa pada saat sakit adik kita Riky tidak diistrahatkan dengan memulangkan dahulu Riky, atau membawa Riky kerumah sakit, melihat itu makanya kita mengutuk keras perusahaan dimana tempat Riky bekerja karena yang tidak bertanggung jawab terhadap Riky, dan pengembalian jasad Riky,"Ucapnya.

Lanjut M Alboinsah Gultom mereka juga meminta bantuan dari Kemenlu agar mengusut tuntas kematian dari Riky Samosir, sebab mereka mencurigai ada sesuatu hal atas meninggalnya Riky Samosir.

"Kita juga dengar dari Keluarga kalau pihak perusahaan ngotot agar Riky dilarungkan, padahal keluarga meminta agar jasad Riky tidak dilarungkan, jadi kami curiga kalau ada sesuatu hal atas meninggalnya Riky, jadi kami berharap dan meminta dengan sangat agar Kemenlu mengusut tuntas meninggalnya Riky,"katanya.

M Alboin juga menyebutkan jika punguan Raja Sonang Sedunia akan berusaha membantu kepulangan Riky Samosir, sebab keluarga sangat merindukan Riky Samosir, walaupun Riky sudah tidak bernafas lagi.

"Keluarga juga sangat berharap agar Jasad Riky dapat dikembalikan ke Indonesia, karena memang itu merupakan pesan dari almarhum ibunya Riky, kami dari punguan berusaha membantulah dengan segala upaya,"katanya.