SIANTAR, hetanews.com - Walikota Siantar, Hefriansyah pimpin langsung rapat pelaksanaan sholat Idul Adha dan pelaksanaan qurban di Kota Siantar, Selasa (13/07/2021) di Ruang Data Pemerintah Kota Siantar.

Hefriansyah menerangkan bahwa pelaksanaan vaksinasi di Kota Siantar sudah mencapai 40.000 jiwa, walau demikian ia berharap pelaksanaan sholat Idul Adha bisa dilaksanakan dengan baik dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Kakan Kemenag, Drs H Mhd Hasbi M.H menyampaikan  sesuai dengan Surat Edaran Nomor 15 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Sholat Idul Adha dan Pelaksaan Qurban 1442 H dilaksanakan dengan protokol yang ketat untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19, pelaksaan pawai takbiran tidak boleh dilaksanakan keliling, takbiran hanya boleh diadakan di rumah-rumah ibadah.

Pelaksanaan sholat Idul Adha 1442 H tidak boleh di lapangan (tempat terbuka) dan rumah ibadah  (masjid/musholla) boleh dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Begitu juga dengan pelaksanaan qurban diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19.

Dandim 02/07 Simalungun letkol inf Roly Souhoka juga menyampaikan bahwa TNI mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah kota Pematangsiantar dan mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan yang sudah di terapkan oleh pemerintah republik Indonesia terkait pelaksanaan sholat idul adha dan proses penyembelihan hewan qurban.

Kasat Shabara AKP Muri Yasnal SH menyampaikan agar setiap jamaah membawa perlengkapan sholat masing - masing, dan juga menghimbau agar pembagian daging qurban diantarkan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan.