MOJOKERTO, HETANEWS.com - Rangkaian Program Serbuan Vaksinasi Nasional Covid-19 TNI-Polri secara nasional dengan target satu juta orang perhari hingga kini masih bergulir, termasuk di wilayah Kodam V/Brawijaya Provinsi Jawa Timur.

Di wilayah Kodim 0815/Mojokerto, Serbuan Vaksinasi Kodam V/Brawijaya, berlangsung di dua puluh markas Koramil jajaran Kodim 0815 yang tersebar di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto, Selasa (06/07/2021).  

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., mengatakan serbuan vaksinasi nasional Kodam V/Brawijaya di wilayah Kodim 0815/Mojokerto yang berlangung hari ini, Selasa (06/07) dilakukan serentak di seluruh Makoramil.

Masih kata Dandim, sejatinya kegiatan ini telah berlangsung sejak 26 Juni lalu melalui Faskes RST DKT Dr. Hadiono Singgih Kota Mojokerto. Namun untuk hari ini kita lakukan serentak di 20 Koramil, yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Nakes UPT Puskesmas jajaran Dinkes Kabupaten dan Kota Mojokerto.

“Untuk vaksin dari TNI AD ini distribusikan Kodam V/Brawijaya ke Kodim jajaran termasuk Kodim 0815/Mojokerto. Untuk hari ini kita dapat 180 vial dengan kurang lebih 2000 dosis vaksinasi untuk masyarakat umum”, jelasnya.

Mantan Danyonif Raider Khusus 752/VYS ini menegaskan, dilakukannya Serbuan Vaksinasi Covid-19 Kodam V/Brawijaya di wilayah Kodim 0815/Mojokerto, merupakan wujud dukungan TNI AD dan Kodam V/Brawijaya dalam mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 demi tercapainya kekebalan komunal (herd immunity) di masyarakat.

Pantauan di lapangan, tampak para Babinsa bersama Nakes melakukan tahapan proses vaksinasi dan sebagian bertugas melakukan input data di Primary Care Vaksinasi, yaitu layanan aplikasi vaksinasi yang diluncurkan BPJS dan terintegrasi dengan Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0815/Mojokerto selaku Koordinator Lapangan Serbuan Vaksinasi di wilayah Kodim 0815/Mojokerto, menambahkan, untuk memaksimalkan pelaksanaan serbuan vaksinasi ini, sehari sebelumnya, Senin (05/07),

Kodim 0815/Mojokerto menggelar Rakor dengan menghadirkan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinkes Kabupaten Mojokerto, dr. Langit Kresna Janitra, selaku Koordinator Pengelola Imunitas Kabupaten Mojokerto, perwakilan RST TNI (DKT) dr. Agustina, dan 27 Kepala UPT Puskesmas se-Kabupaten Mojokerto beserta Koordinator Pengelola Imunitas.

Rakor yang dipimpin Pelaksana Tugas Kasdim 0815 Kapten Arh Aris Tiyono mewakili Dandim 0815/Mojokerto ini, lanjutnya, membahas pelaksanaan kegiatan Serbuan Vaksinasi dan vaksin harian di wilayah Kabupaten Mojokerto.

“Sementara untuk Kota Mojokerto dikoordinasikan langsung dengan Kepala UPT Puskesmas”, tutupnya.