JAKARTA, HETANEWS.com - Presiden Jokowi meminta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terus meningkatkan kinerjanya. Ia memastikan pemerintah mendukung upaya pengawasan usaha yang diambil KPPU.

Jokowi berharap sektor pangan juga tetap diawasi KPPU, agar bisnis di masyarakat bisa berjalan dengan baik.

"Pemerintah juga berkomitmen mendukung kerja KPPU menyelesaikan persoalan ekosistem pasar komoditas pangan seperti beras, gula, ayam, daging dan sebagainya. Sehingga tata kelola usahanya semakin sehat dan berkeadilan," kata Jokowi melalui video saat webinar yang digelar KPPU, Selasa (6/7).

"Jika ada temuan KPPU terkait hal di atas segara laporkan kepada saya," tambahnya.

Jokowi merasa perkembangan usaha yang terjadi membutuhkan kehadiran KPPU. Menurutnya, KPPU harus bisa memastikan mekanisme persaingan usaha bekerja dengan baik, menciptakan budaya berbisnis yang sehat, hingga meningkatkan daya saing di antara pelaku usaha.

"Dan yang tidak kalah pentingnya konsumen akan menikmati hasil dari proses persaingan usaha yang sehat ini," ujar Jokowi.

Untuk itu, Jokowi menginginkan kinerja KPPU tidak hanya berhenti di aspek penindakan saja, tetapi diimbangi dengan memperkuat pencegahan. Langkah yang bisa diambil seperti memberikan pedoman yang jelas dan tepat sampai mengedukasi para pelaku usaha.

"Meningkatkan pemahaman para pelaku usaha, melakukan edukasi tentang berbisnis yang sehat. Sehingga tercipta iklim persaingan usaha yang semakin kondusif di negara kita," tutur Jokowi.

sumber: merdeka.com