Siantar, hetanews.com – Saat ini semua jajaran Polres di Polda Sumut bekerja sama dengan BNN setempat, mulai gencar melakukan launching Kampung Narkoba, yang merupakan ide bersama antara Kapolda Sumut dan Pangdam 1 BB, saat melakukan konfrensi pers terkait pembunuhan wartawan, Marsal Harahap.

Menurut catatan redaksi hetanews.com, kampung narkoba pernah juga dicanangkan di Kota Siantar, yakni Kelurahan Banjar. Bagaimana seriusnya, Polres, BNN dan Pemko Siantar dulu dalam mengaktuliasasikan Kampung Narkoba, nyatanya di lapangan jauh dari harapan.

Yang terjadi di mata warga, bukannya terjadi pemberantasan terhadap peredaran narkoba, nyatanya semakin menjadi jadi peredaran di kota Siantar. Hal ini terlihat bagaimana dua wartawan mengalami gangguan dari mereka yang berlindung dibalik para bandar.

Kalau Polres dan BNN serius dalam memberantas narkoba, tidak perlu ada pencanangan akan program kampung narkoba, yang di kota Siantar hal tersebut bukan lagi barang baru, melainkan barang yang tidak laku, dikarena tidak ada keseriusan dari dua instansi tersebut untuk menjadikan kota berhawa sejuk ini menjadi kota bersih dari Narkoba.

Apakah Polres dan BNN tidak mengetahui siapa bandar bandar yang beraktifitas selama ini di kota Siantar? Melihat bentuk geografis kota ini yang kecil maka sangat kecil kemungkinan tidak terendus posisi para bandar narkoba dalam menjalankan aksinya.

Jadi apa yang harus kita benahi terlebih dahulu? Menurut hemat redaksi hetanews.com, kampung narkoba akan menjadi program yang sia sia apabila tidak ada keseriusan dari Polres dan BNN untuk memberantas narkoba.

Hal ini yang perlu dibenahi oleh pimpinan regional dua instansi ini, yakni keseriusan dari para anggotanya untuk terlebih dahulu bersih dari narkoba dan hal hal lainnya, seperti adanya beredar uang ‘stabil’ kepada mereka.

Kampung narkoba bukan program coba coba untuk mengembalikan citra positip kepada warga yang mendiami, melainkan sebuah tindakan nyata yang terlahir dari kesadaran. Kalau bukan Polres dan BNN terlebih dahulu bersih dari narkoba bagaimana mungkin warganya ikut bersih. Dibutuhkan contoh kinerja yang bersih dari narkoba maka warga akan mengikutinya.