SIANTAR, hetanews.com - Rencana pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, Asner Silalahi (almarhum) berpasangan dengan Susanti Dewayani yang tak kunjung pasti inilai akan menghambat rencana pembangunan. 

Bolmen Silalahi, selaku adik kandung dari almarhum Asner Silalahi ketika berbincang di rumah keluarga di Jalan Sidamanik, Kecamatan Siantar Selatan, beralasan bahwa pembangunan terkendala karena visi dan misi Pasangan Asner - Susanti (PASTI) tidak dapat direalisasikan. "Secara prinsip kita berharap apa yang direncanakan PASTI bisa segera dikerjakan," jelasnyajelasnya, Sabtu (26/6/2021).

Apabila proses pelantikan tidak dilakukan pada gelombang ketiga ini, mengikuti pelantikan tahap pertama dan tahap dua, tepatnya tanggal 10 Juli 2021, kata Bolmen Silalahi, progres rencana pembangunan sesuai visi dan misi PASTI sangat terganggu karena ada banyak pekerjaan untuk membangun kota ini membutuhkan waktu lebih lama.

"Secara pribadi selaku keluarga almarhum Asner Silalahi, sangat berharap pelantikan segera dilakukan. Tentunya ini bagian penghibur kami dari duka yang kami rasakan atas meninggalnya abang saya Asner Silalahi," ujarnya dengan menekankan bahwa penghibur yang dimaksud adalah bagaimana keluarga melihat pembangunan di kota ini dapat dikerjakan.

"Kalau ibu Susanti telah dilantik menjadi wakil wali kota dalam waktu dekat ini, kemudian nantinya berlanjut menjadi wali kota, tentu semangat abang saya almarhum Asner Silalahi bisa diwujudkan di kota ini. Kami pastinya bangga dan terhibur jika program PASTI itu telah berjalan. Artinya, walau secara raga almarhum tidak lagi hidup, tapi dengan berjalannya cita-citanya untuk kota ini, kami merasa dia hidup," tandasnya.

Atas harapan ini, kata Bolmen Silalahi lagi, secara pribadi selaku keluarga almarhum, tidak punya maksud mengintervensi. "Keluarga berharap kendala yang ada saat ini sehubungan dengan surat dari Kemendagri yang sudah beredar, dapat segera diselesaikan oleh pihak yang berwenang dan terkait. Karena waktu akan berjalan terus," tutupnya.