SIANTAR, hetanews.com - Setelah terungkap nya kasus pembunuhan wartawan Marsal Harahap, Ketua Komnas HAM akan lakukan perlindungan lebih terhadap Jurnalis.

Ahmad Taufan Damanik selaku Ketua Komnas HAM dalam pertemuan dengan sejumlah jurnalis di Cafe To The Point Kota Siantar pada Jum'at (25/6/2021) mengatakan telah membicarakan langkah-langkah bagaimana melindungi Profesi Jurnalis bersama Kepolisian.

"Lebih lanjut kami sudah berbicara kepada Pak Kapolda dan Kapolres bagaimana langkah-langkah kita untuk melakukan perlindungan terhadap pekerja jurnalis," kata Ahmad.

Ahmad mengatakan bahwa Komnas HAM bersama Kepolisian dan juga Asosiasi Jurnalis akan melakukan perlindungan terhadap Pekerja Jurnalis.

"Tindakan jurnalis yang melawan hukum ya harus di proses secara hukum, dan secara umum komunitas jurnalis itu harus di lindungi, dan Pak Kapolda setuju bersama Komnas HAM dan Asosiasi Jurnalis untuk melakukan perlindungan kepada pekerja  jurnalis," Kata Ahmad.

Ahmad juga mengungkapkan untuk lebih menghormati profesi jurnalis sebagai penghubung informasi yang dilindungi oleh Undang-Undang.

"Jurnalis itu adalah tugas mulia mengembangkan informasi dan demokrasi. Oleh karena itu dia harus dapat perlindungan, untuk itu kami menghimbau kepada seluruh instasi pemerintahan maupun swasta mari kita hormati pekerjaan jurnalis sebagai penyampai informasi juga demokrasi," tutur Ahmad.