HETANEWS.com - Hitung-hitungan peluang lolos Grup E dan Grup F Euro 2020 di mana tim-tim unggulan seperti Portugal dan Spanyol terancam gagal lolos. Babak penyisihan grup turnamen sepak bola Euro 2020 mulai mendekati akhir.

Saat ini, tinggal Grup E dan Grup F yang masih belum memastikan wakil-wakilnya di 16 besar. Menariknya, dua grup ini berlangsung sengit dan menarik. Bagaimana tidak, ketiga tim teratas di masing-masing grup masih berpeluang lolos sebagai juara grup.

Tak cuma itu, masing-masing grup juga memiliki daya tariknya tersendiri. Di Grup E yang dihuni Spanyol, Swedia, Slovakia, dan Polandia, tim-tim kuda hitam justru malah mendominasi.

Spanyol yang digadang-gadang akan lolos dengan mudah kini justru tercecer di posisi ketiga di bawah Swedia dan Slovakia. Sementara itu, Grup F menawarkan pertarungan big match bertajuk grup neraka.

Di tim ini tiga tim raksasa Eropa, Prancis (4 poin), Jerman (3), dan Portugal (3), sama-sama berpeluang untuk lolos sebagai juara grup. Pertarungan sengit pun diyakini akan tersaji di matchday terakhir grup yang digelar pada Rabu (23/06/21) malam dan dini hari (24/06/21) nanti.

Lalu, bagaimana hitung-hitungan peluang lolos kedua grup nanti?

Grup E Nasib tragis dialami Spanyol di matchday kedua saat harus ditahan imbang 1-1 oleh tim lemah Polandia. Dengan hasil itu, Spanyol belum meraih satu pun kemenangan dan hanya mengoleksi 2 poin hasil dua kali seri.

Di waktu bersamaan, Swedia tampil mengejutkan. Aleksander Isak dkk berhasil menang 1-0 atas Slovakia setelah sebelumnya menahan imbang Spanyol di laga pertama. Dengan hasil ini Swedia ada di puncak dengan 4 poin.

Sementara itu, di peringkat kedua bercokol Slovakia dengan 3 poin. Swedia meraih satu kemenangan atas tim juru kunci, Polandia. Itu artinya, Swedia, Slovakia, dan Spanyol sama-sama berpeluang lolos ke-16 besar entah sebagai juara atau runner-up grup.

Di laga terakhir, Swedia akan bersua dengan Polandia. Swedia akan lolos sebagai juara grup apabila mampu menang atas Robert Lewandowski dkk.

Jika mereka kalah, mereka berpotensi tampil sebagai runner-up grup dengan 4 poin. Syaratnya, salah satu dari Spanyol atau Slovakia menelan kekalahan. Kabar baiknya, Spanyol dan Slovakia akan saling bunuh di matchday ketiga.

Kedua tim wajib menang untuk memastikan tiket lolos ke-16 besar. Jika Spanyol menang, maka mereka berpeluang menjadi juara grup (apabila Swedia kalah/seri) atau runner-up (apabila Swedia menang). Sementara situasi yang sama didapat Slovakia.

Jika menang, maka Slovakia akan menjadi juara grup (apabila Swedia kalah/seri) atau runner-up (apabila Swedia menang). Jika kedudukan laga imbang, maka akan menjadi bencana bagi Spanyol. Mereka saat ini kalah satu poin dari Slovakia di posisi kedua.

Hasil seri takkan bisa membawa Spanyol naik ke posisi kedua. Sementara untuk Polandia, mereka bisa saja lolos sebagai runner-up grup. Namun syarat yang harus dipenuhi cukup rumit. Polandia mesti menang atas Swedia di laga terakhir dan berharap salah satu dari Spanyol atau Slovakia kalah.

Pertandingan antara Portugal vs Prancis (Euforia Eropa).
Foto: Grafis:Yanto/Indosport.com

Grup F

Grup F disebut sebagai grup neraka di Euro 2020 ini, sebab di dalamnya bercokol tiga tim besar Prancis, Jerman, dan Portugal. Ketiga tim pun mesti berjuang sampai matchday terakhir demi bisa memastikan tiket ke 16 besar.

Untuk saat ini, Prancis memimpin di puncak dengan 4 poin, disusul Jerman 3 poin, Portugal 3 poin, dan Hungaria 1 poin. Pada matchday keempat, Prancis akan melawan Portugal, Jerman bersua Hungaria. Melihat peluang yang ada, Jerman cukup di atas angin karena lawan mereka cukup mudah.

Jerman dipastikan akan lolos ke babak 16 besar andai bisa melumat Hungaria. Der Panzer bisa menjadi juara grup dengan 6 poin asalkan Prancis dan Portugal bermain imbang atau Portugal menang atas Prancis. Jerman bisa menjadi runner-up jika Prancis menang atas Portugal.

Situasi sulit akan didapatkan Jerman jika kalah atau imbang dari Hungaria. Mereka berpotensi menjadi juru kunci, atau sebagai peringkat ketiga saja. Sementara itu, meski saat ini memimpin di puncak, posisi Prancis sama sekali belum aman.

Mereka mesti menang atas Portugal sebagai antisipasi Jerman menang atas Hungaria. Hasil seri masih bisa menyelamatkan Prancis. Namun, Les Bleus hanya akan jadi runner-up grup. Jika Portugal yang menang atas Prancis, maka giliran Cristiano Ronaldo dkk yang di atas angin.

Seleccao bisa saja menjadi juara grup (andai Jerman seri/kalah) atau minimal runne-up (jika Jerman menang). Harap diingat, tim peringkat ketiga di Grup F masih bisa lolos dengan jalur peringkat ketiga terbaik di fase grup Euro 2020 ini. Begitu pun berlaku di Grup E Euro 2020.

Sumber: indosport.com