Siantar, Hetanews.com - Ketua Lembaga Bantuan Hukum Perjuangan Keadilan Siantar-Simalungun Harfin Siagian SH SH meminta pihak kepolisian segera mengusut tuntas, tindakan pembunuhan terhadap Sdr. MARA SALEM HARAHAP (Marshal).

"Kita mengutuk tindakan tersebut dan pihak kepolisian dihatapkan segera mengungkap kasus tetsebut," kata Harfin kepada Hetanews.com Selasa (22/6) di Pematangsiantar.

Peristiwa pembunuhan terhadap sdr.Marshal Harahap sebagai seorang insan pers adalah tindakan yang sangat keji dan tidak manusiawi. Oleh sebab itu tindakan tersebut sangat disesalkan dan dikutuk secara keras. "Bertindak seenaknya main dor, kita negara hukum bukan negara Koboy," katanya.

Peristiwa tersebut, dapat dikategorikan sebagai ancaman atau preseden buruk terhadap kebebasan pers, terutama krn Sdr. Marshal Harahap cukup dikenal sebagai insan pers yang sangat kritis. Sebab Pers sebagai salah satu bagian dari pilar demokrasi, dijamin hak-haknya oleh undang-undang, sebagaimana diatur dalam UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Oleh karenanya, Kami meminta kepada jajaran Kepolisian Republik Indonesia, Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Kepolisian Resort Simalungun untuk mengusut tuntas peristiwa pembunuhan tersebut sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

"Kita menolak dengan keras dan tegas tindakan premanisme dan tindakan biadap yang telah menghilangkan nyawa Sdr. Marshal Harahap," sebut Harfin.

Kami juga atas nama LBH PK dan advokat menyampaikan turut berduka yang mendalam bagi keluarga almarhum agar tetap tegar menghadapi peristiwa ini. Semoga almarhum ditempatkan disisNya dan diterima segala amal ibadahnya. Dengan tetap berharap si pelaku dapat segera ditangkap.