Siantar, Hetanews.com - Ketua PWI Kota Pematangsiantar Surati secara tegas mengatakan akan melaporkan pihak yang melakukan pungli atas nama Persatuan Wartawan Indonesia Kota Pematangsiantar. Terkait beredarnya kutipan sosial untuk almarhum Mara Salem Harahap yang akrab dipanggil Marsal.

Beredar kutipan dengan korps surat PWI Cabang Kota Pematangsiantar dengan lambang PWI diatasnya. Diduga banyak pihak yang memanfaatkan situasi kematian korban Marsal sebagai jurnalis yang tewas ditembak OTK.

Surati menegaskan, jika pihaknya tidak ada mengeluarkan surat untuk dilakukan pengutipan. Karena keluarga besar PWI yang turut mengucapkan belasungkawa langsung memberikan sumbangan secara pribadi, "amplop masing masing," tegas Surati.

Terkait beredarnya pungli mengatasnamakan PWI Kota Pematangsiantar, pihaknya akan mengadukan hal tersebut. Karena korps surat PWI Kota Pematangsiantar bukan seperti itu. Kalau lambang PWI, mungkin bisa saja diambil dari mana saja.

"Korps surat PWI tidak seperti itu, dan saya akan mengambil langkah tegas untuk mengadukan oknum yang tidak bertanggungjawab mengatasnamakan PWI," ucapnya.

Hal itu disampaikan Surati kepada wartawan Selasa (22/6) di Siantar, sekaitan ada oknum melakukan pungli atas nama PWI untuk donasi terhadap Marsal.

Surati juga telah mendapatkan banyak telepon terkait hal itu. Karena surat tersebut sudah beredar ke beberapa perusahaan. 

Sekali lagi Surati menegaskan "TIDAK PERNAH MENGELUARKAN SURAT UNTUK PENGGALANGAN DONASI KEPADA MARSAL, sehingga dihimbau kepada semua pihak agar tidak melayani permintaan tersebut.