Mojokerto, - Sebagai langkah menekan laju penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah, Koramil 0815/06 Kemlagi Kodim 0815/Mojokerto, melaksanakan pengawalan dan pendampingan vaksinasi bagi perangkat desa dan Lansia, di wilayah Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (21/06/2021).

Vaksinasi tahap I ini yang diperuntukan bagi perangkat desa dan Lansia berlangsung di Pendopo Balai Desa Pandankrajan.  Pelaksanaan vaksinasi digelar oleh Nakes UPT Puskesmas Kemlagi bersama Bidan Desa setempat, Tutik Kristin Agustini, A.Md.,  Keb.

Terpantau pelaksanaan vaksinasi tersebut mendapat pengawalan dan pendampingan dari Babinsa Pandankrajan Serda Rasiman dan Perangkat Desa setempat.  Tercatat sejumlah 50 orang penerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama, terdiri dari perangkat desa 7 orang, kader kesehatan desa  20 orang dan Lansia 23 orang. 

Para Lansia tampak sangat antusias saat melaksanakan vaksinasi, mereka rela mengantri mulai registrasi, screening, penyuntikan hingga observasi dan tahap akhir mendapatkan kartu vaksinasi sebagai bukti telah divaksin. 

Masih di wilayah Kemlagi, vaksinasi bagi Lansia juga berlangsung di Balai Desa Mojowiryo. Pemberian vaksin dilakukan Nakes UPT Puskesmas Kedungsari, Kemlagi dipimpin dr. Farida Wahyu Utami, dibantu Bidan Desa setempat, Dewi Ardya, A.Md., Keb., dengan pengawalan dan pendampingan Babinsa Mojowiryo Serda Gunardi, Bhabinkamtibmas Mojowiryo Brigadir Nurul serta Perangkat Desa. Di lokasi ini, para Lansia penerima vaksin tahap pertama sejumlah 109 orang sedangkan untuk vaksin tahap kedua hanya satu orang kader kesehatan desa. 

Danramil 0815/06 Kemlagi Kapten Inf Slamet Utomo, menjelaskan bahwa ditugaskannya Babinsa dalam pelaksanaan percepatan vaksinasi Covid–19 ini, sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah yang berlaku secara nasional, termasuk di wilayah Kemlagi. 

Masih kata Danramil, percepatan vaksinasi ini merupakan upaya pemerintah yang ditindaklanjuti pemerintah daerah melalui UPT Puskesmas Dinkes, dengan tujuan untuk menekan laju penyebaran Covid-19. “Dalam pendampingan vaksinasi ini, para Babinsa bersinergi dengan Bhabinkamtibmas dan Kades setempat”, ujarnya. 

Danramil juga menghimbau kepada warga masyarakat agar jangan ragu untuk divaksin karena vaksinasi ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi pandemi Covid-19. “Jangan ragu untuk divaksin, dengan divaksin maka kita akan memiliki kekebalan tubuh”, ujarnya.