HETANEWS.COM - Timnas Polandia masih berpeluang lolos ke fase gugur Euro 2020 atau Piala Eropa 2020 meskipun saat ini menempati dasar klasemen Grup E. Terkini, timnas Polandia sukses meraih poin pertamanya di Euro 2020 setelah menahan imbang timnas Spanyol pada matchday kedua Grup E, Minggu (20/6/2021) dini hari WIB.

Bertanding di Estadio de La Cartuja, Sevilla, Spanyol, timnas Polandia tertinggal 0-1 terlebih dahulu pada menit ke-25. Gol pembuka timnas Spanyol diciptakan oleh Alvaro Morata yang berhasil lolos dari jebakan offside untuk memaksimalkan tendangan Gerard Moreno. Timnas Polandia kemudian bangkit pada babak kedua. Robert Lewandowski menjadi pahlawan timnas Polandia setelah beerhasil mencetak gol penyeimbang pada menit ke-54.

Hasil imbang melawan timnas Spanyol kali ini sangat penting untuk timnas Polandia. Sebab, jika kalah dari timnas Spanyol, Robert Lewandowski dkk dipastikan langsung tersingkir dari Euro 2020 menyusul Makedonia Utara.

Kini, timnas Polandia tetap berpeluang lolos ke fase gugur Euro 2020 bahkan melalui jalur dua tim teratas klasemen Grup E. Bialo-czerwoni, julukan timnas Polandia, saat ini masih menempati dasar klasemen Grup E Euro 2020 dengan koleksi satu poin. Timnas Polandia hanya tertinggal satu angka dari Spanyol yang tertahan di peringkat ketiga klasemen Grup E setelah dua kali bermain imbang.

Adapun puncak klasemen Grup E Euro 2020 saat ini ditempati oleh timnas Swedia asuhan Janne Andersson dengan koleksi empat poin. Timnas Swedia untuk sementara unggul satu angka atas timnas Slovakia yang menguntit di urutan kedua.

Dengan kondisi klasemen saat ini, seluruh tim penghuni Grup E masih berpeluang lolos ke fase gugur Euro 2020 melalui jalur dua teratas klasemen.

Pada matchday terakhir Grup E Euro 2020, timnas Polandia dijadwalkan bertemu timnas Swedia di Stadion St. Petersburg, St. Petersburg, Rusia, pada Rabu (23/6/2021) pukul 23.00 WIB.

Jika ingin finis di atas timnas Swedia, timnas Polandia wajib menang dengan margin dua gol pada laga tersebut. Sebab, indikator kedua yang digunakan untuk menentukan posisi klasemen grup setelah perolehan poin adalah selisih gol.

Di sisi lain, timnas Spanyol akan menghadapi Slovakia pada matchday terakhir Grup E Euro 2020 di Estadio de La Cartuja, Sevilla, Spanyol, Rabu (23/6/2021) pukul 23.00 WIB.

Timnas Spanyol wajib mengalahkan Slovakia jika ingin lolos ke fase gugur Euro 2020 tanpa bergantung dengan tim lain.

SUMBER : Kompas.com