TOBA, hetanews.com - Personil Polres Toba melalui Resmob (Reserse Mobil) berhasil menangkap otak pembunuh guru SD di Toba, Junanda Hasibuan (15) pada hari Kamis (17/06/2021) sekira pukul 12.30 Wib, di Kelurahan Belakang Balok Kec. Aur Birigo Tiga Baleh Kota Bukit Tinggi.

JH yang diketahui merupakan dalang dan pelaku utama pembunuhan seorang Guru SD di Lumban Lobu LM Butar-Butar Kab. Toba, 24/05/2021 yang lalu berdasarkan pengakuan dan reka adegan yang dilakukan kepada rekan rekannya yang lebih dulu tertangkap.

Penangkapan JH di Bukit Tinggi berdasarkan informasi yang di terima oleh Tim Resmob Polres Toba tentang keberadaan pelaku dan langsung membuahkan hasil, demikian disampaikan Kapolres Toba melalui Kasubbag Humas Iptu B Samosir kepada awak media, Jumat (18/06/2021).

"Pada hari Rabu tanggal 16 Juni 2021, sekira pukul 10.00 Wib, Tim Resmob Sat Reskrim Polres Toba mendapatkan informasi dari hasil penyelidikan dan dari informasi  orang yang dipercaya bahwa Pelaku Utama Pembunuhan  yang terjadi di Pasar IV Dusun I Desa Lumban Lobu Kec.  Bonatua Lunasi Kab. Toba, termonitor dan berada di seputaran kota Bukit Tinggi Provinsi Sumatera Barat." Ucap Samosir.

Di uraikan B. Samosir, sekitar pukul 22.00 wib Tim Resmob Sat Reskrim Polres Toba yang dipimpin Langsung Kasat Reskrim Polres Toba AKP Nelson JP Sipahutar, berangkat menuju lokasi yang dimaksud, setelah Tiba di Kota Bukit Tinggi Sumatera Barat pada hari Kamis tanggal 17 Juni 2021 sekitar pukul Pukul 08.00 Wib, Tim Langsung melakukan pencarian dan penyelidikan di seputaran Kota Bukit Tinggi," ungkapnya.

Namun sampai pukul 12.00 Wib, pencarian tim belum membuahkan hasil, lalu Tim Berkoordinasi dengan Personil Reskrim Polres Bukit Tinggi dan berbagi informasi tentang lokasi dimana tempat tempat perkumpulan klub anak anak punk.

Dari hasil kolaborasi info tersebut, Tim bergerak ke Kelurahan Belakang Balok Kec. Aur Birigo Tiga Baleh Kota Bukit Tinggi, dan setelah melakukan pengintaian selama 30 menit dilokasi, alhasil langsung terlihat satu orang laki laki yang sesuai dengan ciri ciri Pelaku JH.

"Dengan sigap Tim mendekati dan melakukan Penangkapan terhadap laki laki tersebut, langsung dilakukan interogasi singkat, ternyata atas pengakuan yang ditangkap tersebut adalah Pelaku Utama Pembunuhan Korban LM Butarbutar guru SD di Toba.

Oleh Pihak Resmob Reskrim Polres Toba selanjutnya tersangka dari Bukit Tinggi langsung dibawa dan saat ini mendekam di sel tahanan Polres Toba, guna mempertanggung jawabkan perbuatannya dan untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya menyampaikan terimakasih atas kerjasama seluruh lapisan masyarakat terutama Masyarakat Toba yang telah membantu Polres Toba atas informasi dalam penggungkapan kasus pembunuhan tersebut.