AS, HETANEWS.com - Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, memastikan negaranya siap berdialog dan konfrontasi melawan Amerika Serikat.

Kim bahkan menegaskan, Korut sebenarnya lebih siap untuk konfrontasi. Komentar yang dirilis kantor berita KCNA adalah pernyataan langsung pertama Kim terhadap pemerintahan AS di bawah Joe Biden.

Menurut laporan KCNA, Kim membuat analisis detail mengenai kebijakan pemerintahan Biden terhadap Pyongyang. Oleh sebab itu, strategi dan taktik yang sesuai mesti disiapkannya.

"Sekjen (Partai Pekerja, Kim Jong-un) menekankan kami bersiap untuk keduanya baik dialog maupun konfrontasi, khususnya kami siap konfrontasi demi menjaga harga diri bangsa dan kepentingan untuk pembangunan mandiri," sebut keterangan KCNA seperti dikutip Reuters.

KCNA menambahkan, segala langkah disiapkan Kim Jong-un semata ditujukan menjaga perdamaian dan keamanan Korut.

Dalam kesempatan tersebut, Kim turut menekankan Korut bakal menciptakan iklim eksternal yang menguntungkan untuk kepentingan Korut sendiri.

Komentar Kim disampaikan, sebulan usai Biden bertemu Presiden Korsel Moon Jae-in, Mei lalu. Saat itu kedua pemimpin sepakat untuk lebih melibatkan Korut untuk membahas masalah senjata nuklir.

Korut pada Mei lalu mengecam AS dan Korsel. Mereka menyebut, berbagai pernyataan AS adalah bukti Negeri Paman Sam lebih ingin memelihara perseteruan dibanding persahabatan dengan Pyongyang.

sumber: kumparan.com