Simalungun, Hetanews.com - Desmon als Bades (47) warga jalan Cempaka Nagori Rambung Merah dan Minardi als Nardi (50) warga jalan Bola Kaki Kelurahan Banjar, masing masing dituntut 3 tahun penjara potong tahanan sementara yang telah dijalani. Tuntutan jaksa Barry Sugiarto Sihombing SH dibacakan dalam persidangan, Senin (14/6) di Pengadilan Negeri Simalungun yang digelar secara elektronik.

Kedua terdakwa dipersalahkan jaksa melanggar pasal 127 (1) huruf a UU RI No.35/2009 tentang narkotika. Didampingi pengacara dari LBH PK Frans Silalahi SH, keduanya memohon kepada hakim agar hukumanya diringankan.

"Saya mohon keringanan hukuman yang mulia, saya menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi," kata terdakwa secara bergantian melalui audio virtual.

Menurut jaksa, kedua terdakwa diamankan pada Selasa, 29 Desember 2020 di salah satu warung di Rambung Merah. Saat itu terdakwa Desmon bermaksud menemui terdakwa Nardi yang sudah menunggunya. 

Desmon baru saja membeli sabu dari Edo (DPO) seharga Rp.100 ribu, menggunakan uang yang dikumpulkan secara patungan dengan terdakwa Nardi. Rencananya sabu tersebut akan digunakan secara bersama sama.

Barang bukti sepaket sabu seberat 0,38 gram dinyatakan dirampas untuk negara. Untuk pembacaan putusan, persidangan dipimpin hakim Roziyanti SH ditunda hingga Senin mendatang.