TOBA, HETANEWS.com - Kapal Motor Penyeberangan [KMP] Ihan Batak melakukan uji sandar lewat rute pelabuhan Ajibata- Ambarita dalam keadaan kosong tanpa penumpang. Sebelum dilakukan uji sandar, KMP Ihan Batak diperbaiki dan di cek secara menyeluruh. 

Uji sandar tersebut langsung ditangani oleh PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan [ASDP] Indonesia Ferry Persero Cabang Sibolga bersama Balai Pengelola Transportasi Darat [BPTD] Wilayah II Sumatera.

"Saat tim teknisi selesai melakukan pengecekan dan perbaikan, kita berhasil lakukan uji sandar dengan mulus, termasuk kita juga telah mengganti rantai dan tali sling ramp door yang sempat bermasalah," jelas General Manager ASDP Cabang Sibolga Partogi Tamba didampingi Manager Usaha dan Teknik Juliansyah, Minggu (13/6/2021).

Ia menambahkan, uji coba sandar berdasarkan rekomendasi dan izin dari pihak BPTD Wilayah II Sumatera Utara. Dengan hasil uji coba tersebut, pihaknya berharap KMP Ihan Batak dapat beroperasi.

"Kegiatan uji sandar ini merupakan syarat untuk mendapatkan persetujuan berlayar kembali dari pihak BPTD Wilayah II Provinsi Sumatera Utara," ujar Partogi Tamba.

Kepala BPTD Wilayah II Provinsi Sumatera Utara, melalui Koorsatpel Toba Wilayah II Sumut Rijaya Simarmata membenarkan hasil uji coba berjalan dengan baik.

Hal ini dilakukan guna mengoptimalkan pelayanan penyeberangan Pelabuhan Ajibata menuju Ambarita, sehingga pihak BPTD ikut mendampingi langsung uji sandar, guna melihat langsung bila ada kendala di lapangan.

Baca: Kapal Jurusan Ajibata-Ambarita Kembali Beroperasi

"Kita sudah cek semua kesiapan kapal sehingga tadi sore kita izinkan melakukan uji sandar dan langsung kita dampingi untuk mengetahui kekurangan teknik yang muncul. Namun setelah uji coba, kita pastikan tidak ada kendala dan berjalan mulus," ujar Rijaya.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat KMP Ihan Batak akan dioperasikan dan melayani penyeberangan di Danau Toba. 

Sebelumnya, satu unit mobil jatuh ke perairan Danau Toba saat turun dari KMP Ihan Batak yang bersandar di Pelabuhan Ambarita, Simanindo, Kabupaten Samosir, Senin 31 Mei 2021.

Diduga rantai dan tali sling ramp door putus saat kapal bersandar. Peristiwa itu mengakibatkan 1 orang penumpang meninggal dunia. 

Penulis: Kontributor Toba, Feri

Baca: Polisi Periksa Saksi Ahli Terkait Mobil Jatuh ke Danau Toba